Sentuhan Hati Jumat, 18 Juni 2010

| Senin, Juni 21, 2010 |

18 Juni 2010 / Jumat
Jejak Bapa   --
II Raja-raja  21:19-22

         Anak-anak suka mengamati orangtuanya. Bahkan ketika mereka sedang asyik dengan aktivitas tertentu, mereka sering meniru perilaku, perkataan atau pola pikir ayah atau ibu mereka.

          Karena itu, tanggung jawab besar ada di pundak para orangtua – khususnya yang menyangkut gambaran tentang Allah. Cara mereka berpikir tentang Bapa surgawi, sangat dipengaruhi oleh cara mereka berelasi dengan figur otoritas laki-laki dalam kehidupan mereka.

      Jika Anda sedang membesarkan anak-anak, bersungguh-sungguhlah dalam mencontohkan kesalehan. Anda dapat melakukannya dengan:

   Lapar dan haus akan Firman Allah. Orangtua yang membaca Alkitab setiap hari sedang menunjukkan keyakinannya bahwa Firman itu adalah jawaban atas segala persoalan hidup. Kasih dan penghargaan Anda terhadap Alkitab akan menular!

   Hidup dengan iman. Anak-anak seharusnya mendengar orangtua mereka bercerita, betapa mereka memercayai Yesus dalam mengatasi segala situasi. Tak ada cara yang lebih baik untuk belajar bersandar pada Tuhan, selain melihat orangtua sendiri datang kepada-Nya ketika membutuhkan pertolongan.

   Berdoa setiap hari. Anak-anak memperhatikan prioritas-prioritas orangtua mereka, dan sering melakukan hal yang serupa dalam kehidupan mereka. Ayah dan ibu dapat mencontohkan cara bercakap-cakap dengan Allah secara nyata, seperti sedang berbicara dengan orang lain. Cara ini akan membuat anak-anak memahami – dan menginginkan – hubungan yang akrab dengan Bapa surgawi.

   Renungkanlah masa kanak-kanak Anda sendiri – apakah orangtua Anda memberi bimbingan yang benar, ataukah memberi contoh yang tidak alkitabiah? Bagaimana hal itu memengaruhi kehidupan rohani Anda? Dan jika Anda mempunyai putra-putri, tanyakanlah kepada mereka, bagaimana kehidupan Anda memengaruhi mereka. Apa pun jawaban mereka, hafalkanlah Efesus 6:4, dan bertekadlah untuk mengikuti kebijakannya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top