Jangan Sia-Siakan Penderitaan Anda

| Rabu, Januari 08, 2014 |
2 Korintus 1:3-4 "Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah."


Kesulitan dan penderitaan yang pernah kita alami memberi kita rasa empati dan belas kasihan pada orang lain yang sedang menderita.
Seseorang yang telah melewati kesulitan dapat melayani dengan kasih kepada orang lain yang sedang mengalami kesulitan yang sama.


Saya percaya orang yang paling sukses melayani seseorang yang didiagnosis kanker adalah sesama penderita kanker, sebab dia bisa berkata, "Saya tahu apa yang Anda alami. Saya tahu bagaimana rasanya mendengar kabar itu dari dokter. Tapi izinkan saya memberitahu Anda apa yang saya lakukan. Izinkan saya memberitahu Anda bagaimana saya bisa melaluinya."


Seorang penyandang cacat dapat melayani penyandang cacat yang lain dengan lebih efektif dibanding dengan seseorang yang normal karena mereka bisa berkata, "Saya juga berjuang. Saya juga harus menghadapi kenyataan ini. Tapi izinkan saya berbagi dengan Anda bagaimana Tuhan telah menolong saya."


Seseorang yang telah kehilangan orang yang dikasihi dapat melayani orang lain yang juga mengalaminya dengan lebih efektif.
Mereka tahu bagaimana rasanya.
Rasul Paulus menulis bahwa Allah "yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah. Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah" (2 Korintus 1:4-5).


Jangan sia-siakan penderitaan Anda.
Jika Anda telah melalui atau sedang bergumul dalam kesulitan, Allah dapat memakai Anda untuk menolong orang lain.
Dia dapat membuka hati Anda dan memberi Anda kesempatan untuk melayani dengan cara yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.
Inilah salah satu hal yang dapat dihasilkan dari penderitaan hidup seseorang.
Tidak ada perkara yang terjadi secara kebetulan pada anak-anak-Nya.

____________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 16-17; Matius 5:27-48
____________________________________


Setiap manusia diciptakan Allah untuk suatu misi istimewa. Tuhan mau memakai Anda sebagai alatNya untuk menjadi berkat bagi orang lain.
(Diterjemahkan dari Daily Devotion by Greg Laurie)
____________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top