Perzinahan Rohani

| Minggu, Oktober 05, 2014 |

1 Yohanes 2:15-16 "Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia."

Di beberapa kesempatan dalam Alkitab, gereja (kita) diibaratkan sebagai mempelai wanita dan Yesus sebagai Mempelai Prianya. Kelak, akan ada pernikahan surgawi, dan kita akan dipersembahkan kepada-Nya. 

Sama seperti suami dan istri yang harus setia terhadap satu sama lain, kita pun harus setia kepada Allah. Ketika orang melanggar sumpah dan tidak setia dengan pasangan mereka, mereka dianggap berzinah. Tapi tahukah Anda bahwa orang Kristen dapat melakukan perzinahan rohani? Penyebabnya ialah karena kita terlalu mencintai sistem dunia ini. Yakobus menulis, "Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah" (Yakobus 4:4). 

Kata "dunia" yang digunakan di sini bukan berarti bumi. Tidak ada yang salahdengan menghargai apa yang telah Allah ciptakan. Dan saya rasa, orang Kristen, dibandingkan dengan orang lain, seharusnya bisa lebih menghargai hasil karya Bapa Surgawi kita. 

Kata "dunia" yang digunakan Rasul Yakobus disini ialah tentang sistem pemikiran, mentalitas, cara hidup yang dianut oleh sebagian besar orang. Namun Alkitab berkata, "Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu" (1 Yohanes 2:15). 

Saya suka parafrase dari ayat ini : "Janganlah kamu mengasihi cara hidup dunia. Janganlah kamu mencintai barang-barang dunia. Cinta dunia menghimpit kasih Bapa. Intinya, segala sesuatu yang terjadi di dunia ini, seperti ikut kehendak Anda sendiri, ingin segalanya untuk diri sendiri, ingin tampil bak orang penting-tidak ada hubungannya dengan Bapa. Itu hanya mengisolasi Anda dari Dia."

Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 25-28; Filipi 1 : 12-30

Janganlah kita melakukan perzinahan rohani. Allah telah memanggil kita untuk setia kepada-Nya
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Greeg Laurie) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top