Lepaskan Sakit Hati Anda

| Kamis, April 16, 2015 |

Kolose 3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Banyak dari kita kenal seseorang yang melakukan hal-hal yang gila dan menyakitkan kepada kita, bahkan yang lebih parah lagi, kepada seseorang yang kita cintai. Dalam hati kita berpikir, "Saya tahu orang Kristen harus mengampuni, jadi saya akan mengampuni. Saya akan mengampuninya jika ia mengampuni saya."

Masalahnya adalah, Anda masih menyimpan rasa sakit hati. Sebenarnya orang tersebut mungkin tidak pernah meminta Anda untuk mengampuninya. Dia mungkin tidak pernah mengatakan dia menyesal, sebab mungkin dia tidak tahu atau sadar dengan apa yang telah ia lakukan pada Anda. Jadi Anda akhirnya kesal dengan sesuatu yang orang tersebut mungkin sudah lupakan. Dan rasa kesal ini menggerogoti hati Anda!

Jangan memendam sakit hati, karena kekesalan hanya akan menghancurkan Anda. Kebencian itu ibaratnya meminum racun tapi berharap itu akan membunuh orang lain. Itu tak akan pernah berhasil. Anda harus memutuskan bahwa, sebelum perkara lain terjadi, Anda akan mengampuni orang itu.

Yesus mengatakan hal ini bahkan dalam keadaan yang paling ekstrim, saat Dia berada di kayu salib: Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat (Lukas 23:34a).

Jadi apa yang harus Anda lakukan? Ketika Anda bergumul untuk mengampuni, ingatlah karunia besar itu: pengampunan Allah. 

Ingat ayat seperti dalam Kolose 3:13: Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. Anda bisa menghafalkan ayat ini dan memikirkannya sepanjang hari, sebab percayalah, Anda akan menemui banyak keadaan dimana Anda bisa menggunakannya.

Kata sabarlah dalam ayat ini berasal dari kata Yunani yang berarti "untuk bersabar, untuk bertahan, untuk bertoleransi. Pada intinya, memaklumi seseorang. Yesus berkata, Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan (Matius 5:7). Saya ingin berkat Tuhan mengalir dalam hidup saya dan Anda. Salah satu cara untuk Anda menerimanya yaitu dengan berbelas kasih.

Renungkan hal ini : 

Rasa sakit apa yang masih Anda simpan?

Apa yang perlu Anda lakukan hari ini sehingga rasa sakit tersebut tidak berubah menjadi kebencian?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yosua 19-21; Lukas 2:25-52

Lepaskan rasa sakit Anda dan berikanlah pengampunan, karena pengampunan memulihkan kehidupan orang lain (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top