Pilih Pengampunan, Bukan Gosip

| Kamis, April 16, 2015 |

Amsal 17:9 Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib.

Akui saja: Jika Anda memiliki orang-orang yang sering berbuat onar dalam hidup Anda, begitu orang tersebut melakukannya lagi, Anda pasti tak dapat menahan diri untuk masuk ke dalam mobil, menyambar handphone Anda, lalu menelepon seseorang dan menceritakan, Kau tak akan percaya apa yang baru saja ia lakukan! Atau bahkan Anda mungkin langsung mengirim pesan kepada seseorang saat orang tersebut melakukannya!

Begitulah yang biasa kita lakukan saat berurusan dengan orang-orang yang sering berbuat gila. Kita tak sabar ingin memberitahu orang lain. Kita ingin satu penegasan dari orang lain. Ini hal yang paling sulit dilakukan di dunia: menahan diri untuk tidak bergosip. Memang enak rasanya menelepon seseorang untuk menyebarkan berita tentang kegilaan para pembuat onar di sekeliling kita, tapi ini juga bukan perbuatan yang mengasihi. 

Alkitab mengatakan agar kita saling mengampuni, bahkan terhadap musuh kita. Amsal 17:9 mengatakan, Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib.

Gosip itu sangat merusak. Ia merusak gereja, keluarga, dan bisnis Anda. Ia juga merusak hidup Anda. Ia menghancurkan Anda. Ia menceraiberaikan persahabatan.

Hal yang paling buruk tentang gosip adalah pada akhirnya si pembuat onarlah yang menang! Tiba-tiba, orang tersebut mendominasi obrolan Anda. Orang tersebut mengontrol emosi Anda. Jangan biarkan orang itu menang! Jangan biarkan si pembuat onar menang dengan Anda memilih untuk menggosipinya.

1 Petrus 3:9 mengatakan,"Dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat..."

Renungkan hal ini:

Apa strategi Anda untuk menghindari atau melawan gosip?

Mengapa begitu sulit bagi kita untuk menjauh dari gosip?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yosua 22-24; Lukas 3

Kasihilah orang yang membuat hati Anda terluka, jangan menggosip dan menyebarkan hal-hal yang negatif tentang orang tersebut (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top