Di Manakah Harta Anda ?

| Minggu, November 22, 2015 |

Matius 6:19-21 Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Allah menggunakan uang untuk menguji Anda. Dia tidak hanya secara otomatis memberikan berkat-Nya kepada siapa saja; Dia menguji Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda orang yang bertanggung jawab atau tidak. Apabila Ia bisa mempercayakan Anda dengan harta benda, maka Ia dapat mempercayakan Anda dengan kekuatan spiritual. Namun jika Anda ternyata tak bisa mengurus uang Anda dengan baik, mengapa Dia harus memberi berkat-Nya yang begitu penting itu?

Alat favorit Allah untuk menguji Anda adalah keuangan Anda. Dia menggunakan uang Anda untuk menguji beberapa hal.

Uang memperlihatkan apa yang paling Anda cintai. Bila Anda benar-benar ingin tahu apa yang penting buat Anda, lihat kalender dan tagihan kartu kredit Anda, bagaimana Anda menghabiskan uang dan waktu Anda menunjukkan apa yang paling Anda cintai.

Matius 6:19-21 mengatakan, Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Di mana Anda menaruh uang Anda, di situ keinginan terbesar Anda berada.

Uang menunjukkan apa yang benar-benar Anda percayai. Apakah Anda mempercayakan uang Anda untuk membuat Anda merasa aman? Atau apakah Anda mempercayakannya pada Tuhan? Apakah Anda mempercayakan kebahagiaan Anda atau mempercayakannya pada Tuhan? Apakah Anda mempercayakan uang Anda untuk membuat Anda merasa lebih puas dengan diri Anda, atau apakah Anda mempercayakannya pada Tuhan? Uang adalah batu ujian bagi iman Anda.

Alkitab mengatakan dalam Amsal 11:28, Siapa mempercayakan diri kepada kekayaannya akan jatuh; tetapi orang benar akan tumbuh seperti daun muda.

Uang menunjukkan jika Tuhan bisa mempercayakan Anda. Uang tidak hanya menunjukkan jika Anda percaya pada Tuhan; itu juga menunjukkan jika Tuhan juga bisa mempercayai Anda. Lukas 16:11-12 mengatakan, Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?

Bagaimana Anda mengelola uang Anda menentukan betapa Tuhan dapat memberkati hidup Anda. Begitu Anda mengerti bahwa ada kaitan antara manajemen uang dan berkat Tuhan, maka Anda akan termotivasi untuk mengelola keuangan Anda dengan baik, supaya Tuhan dapat memberkati Anda dengan kekuatan spiritual.

Renungkan hal ini:

Apa hasrat hati Anda? Apakah itu ada kaitannya dengan bagaimana Anda membelanjakan uang Anda?

Jika Anda kehilangan pekerjaan Anda saat ini, apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda mempercayakan Tuhan dalam memenuhi kebutuhan Anda?

Bagaimana cara Anda mengelola harta benda yang telah Tuhan berikan untuk memperlihatkan pada-Nya bahwa Dia juga bisa percaya pada Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 1:1-7 ; Ibrani 7:1-10

Betapa Tuhan dapat memberkati Anda maka kelola keuangan Anda dengan baik agar Tuhan terus mempercayai Anda dengan berkat-berkat lainnya (Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top