Kasih Itu Mengharapkan Yang Terbaik

| Senin, April 03, 2017 |
1 Korintus 13: 7 "Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu."

Kasih yang kekal mengharapkan yang terbaik. 

Kasih itu melihat ke depan. Kasih itu optimis. Kasih itu tidak terperangkap di masa lalu. Kasih itu tidak selalu melihat ke belakang. Kasih yang abadi tidak hilang harapan. Alkitab mengatakan, "Kasih… mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu" (lihat 1 Korintus 13: 7). Terjemahan lain mengatakan bahwa kasih akan "selalu mencari yang terbaik." Penyair Elizabeth Barrett Browning mengatakan, "Barangsiapa yang mengasihi percaya pada mujizat."

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa orang cenderung hidup sesuai dengan ekspektasi Anda atas mereka? Kita membentuk orang-orang di sekitar kita dengan apa yang kita harapkan atas mereka. Anda terus-menerus mengatur orang. Anda mengatur istri Anda dengan apa yang Anda harapkan dan apa yang tidak Anda harapkan darinya. Anda mengatur teman-teman Anda dengan apa yang Anda harapkan dan dengan apa yang tidak Anda harapkan atas diri mereka. 

Apa pun harapan Anda atas orang-orang di dalam kehidupan Anda, perlakukan mereka sama seperti Anda memperlakukan diri sendiri - jangan menuntut mereka sesuai dengan yang Anda harapkan.
Para suami, apakah Anda ingin istri Anda memperlakukan Anda seperti seorang raja? Solusinya amat mudah: Perlakukan dia seperti seorang ratu. Tekankan hal-hal positif tentang dirinya. Lupakan omelan-omelannya. Haruskah Anda mengeluh dan terus menggerutu pada istri Anda tentang kekurangannya yang tidak Anda suka? Jangan. Katakan padanya harapan-harapan Anda tentang dia. Mulailah mengharapkan yang terbaik dari satu sama lain.

Ada sebuah keluarga di gereja kami, suatu hari mereka makan siang di satu restoran setelah ibadah Minggu. Si pelayan begitu ramah, ia bertanya pada anak laki-laki mereka yang paling kecil, "Mau pesan apa, Pak?" Setelah si pelayan mencatat pesanan mereka dan pergi, si anak berkata, "Ibu, dia memperlakukanku seperti seorang manusia dewasa!"
Kasih itu tidak pernah berhenti berharap. Kasih mengharapkan yang terbaik.

Renungkan hal ini:
Bagaimana selama ini Anda melihat ekspektasi Anda yang tinggi atas orang lain? Bagaimana dengan ekspektasi Anda yang biasa-biasa saja?
Siapa saja dalam hidup Anda yang di dalam mereka Anda memiliki ekspektasi tinggi?
Apa hal-hal yang Anda harapkan dalam hubungan Anda dengan orang lain? 


Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 14-17; Lukas 7:1-30


Mengharapkan yang terbaik dalam kasih artinya memberi dukungan penuh tanpa menghakimi. Perlakukanlah orang lain sama seperti Anda ingin diperlakukan. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top