Bersikap Bijaksana: Lihatlah ke Depan dan Hadapi Kenyataan

| Selasa, Mei 30, 2017 |
Amsal 14: 8 "Mengerti jalannya sendiri adalah hikmat orang cerdik, tetapi orang bebal ditipu oleh kebodohannya."


Dalam kehidupan, banyak orang yang memulainya dengan baik, tapi akhirnya bertumbuh dengan buruk karena mereka tidak mempersiapkan diri untuk menghadapi perangkap kehidupan. Alkitab mengatakan orang bijak itu melihat ke depan dan menghadapi kenyataan.

Seiring kita membuat rencana untuk masa depan kita, kita semua akan menghadapi perangkap kehidupan, seperti penyimpangan budaya, suara keraguan, cara pintas yang menggoda dan penundaan yang mengecilkan hati. Lihat saja Nuh, dia berhadapan dengan berbagai perangkap yang bisa saja membuatnya jatuh dalam dosa, setelah Allah menyuruhnya membangun bahtera. Namun, Nuh berhasil melewatinya– begitu pun juga Anda seharusnya.

Namun bukan berarti Tuhan akan memberi Anda sebuah misi yang seberani membangun sebuah bahtera, tapi saya berdoa Dia akan memberi Anda sebuah misi besar - misi yang berani. 

Alkitab berkata, "Mengerti jalannya sendiri adalah hikmat orang cerdik, tetapi orang bebal ditipu oleh kebodohannya" (Amsal 14: 8). Dengan melihat ke depan, kita tidak hanya siap menghadapi perangkap-perangkap ketika itu muncul di kehidupan kita; kita juga akan diperlengkapi untuk membuat rencana yang akan membuat kita menjadi manusia seperti yang Tuhan kehendaki. 

Mintalah Tuhan untuk membantu Anda membuat tujuan-tujuan berikutnya dalam hidup Anda. Maka Anda akan siap untuk melangkah maju dan belajar bagaimana menghadapi perangkap yang berpotensi untuk menghalangi Anda melaksanakan misi Tuhan atas Anda. 

Renungkan hal ini:
Pelajaran apa dalam 10 tahun terakhir ini yang bisa Anda terapkan untuk dekade berikutnya?
Ketika Anda melihat masa depan, Anda ingin menjadi seperti siapa? Karya apa yang Anda ingin Tuhan wujudkan melalui hidup Anda?
Bagaimana cita-cita Anda mencerminkan kuasa Tuhan dalam hidup Anda? Apakah Anda bermimpi besar karena Anda melayani Tuhan yang besar?


Bacaan Alkitab Setahun :
2 Tawarikh 10-12; Yohanes 11: 30-57


Libatkan Tuhan dalam menentukan arah dan tujuan hidup Anda. Mintalah hikmat untuk dapat mengerti maksud Tuhan dalam jalan hidup Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top