Mengungkapkan adalah Permulaan dari Penyembuhan

| Jumat, Mei 19, 2017 |
Yakobus 5: 16a "Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh."

Mengungkapkan perasaan Anda adalah awal dari penyembuhan.

Alkitab berkata, "Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh" (Yakobus 5: 16a). Izinkan saya bertanya pada Anda: Apakah Anda ingin diampuni? Itu langkah awal penyembuhan. Apakah Anda ingin disembuhkan secara emosional? Itu hal yang berbeda.

Bila Anda hanya ingin diampuni, akuilah dosa Anda kepada Tuhan. Tetapi bila Anda ingin melupakannya dan melanjutkan hidup, yang Anda butuhkan ialah penyembuhan emosional. Itu artinya Anda perlu mengungkapkan dosa Anda kepada orang lain.

Mungkin Anda bertanya, "Memangnya kenapa? Mengapa kita harus memberitahu orang lain? Mengapa Tuhan ingin saya menyeret orang lain masuk ke dalam masalah saya?" Saya beritahu Anda mengapa: karena Tuhan tahu bahwa akar dari permasalahan kita adalah masalah yang berkaitan dengan hubungan kita dengan orang lain. Kita sendiri bahkan tidak menyadari itu. Hubungan kita yang berantakan dengan orang lain adalah akar dari permasalahan kita.

Jika kita tak memiliki satu orang pun dalam hidup kita yang benar-benar bisa menjadi tempat untuk kita bisa jujur, kita biasanya menutupinya dengan memakai topeng. Kita berpura-pura, kita bersandiwara, kita saling tidak jujur, kita bermain-main dan kita munafik. Kita berpura-pura jika bisa mengatasi segalanya, dimana sementara semua orang tahu kita tidak mampu melewati pergumulan kita itu. Kita bertingkah seolah-olah semuanya baik-baik saja, meski sebenarnya tidak.

Apa akibatnya? Sikap itu mengisolasi Anda dari orang lain. Itu menghalangi hubungan. Dan itu jadi penghambat Anda untuk memperoleh tingkat kasih yang terdalam.

Anda tidak bisa mengasihi orang lain dengan tulus apabila masih ada rasa bersalah di hati Anda.
Yang terjadi adalah Anda sama sakitnya dengan rahasia Anda. Malah, semakin Anda menyembunyikannya, semakin sakit hati Anda. Tapi sebaliknya, mengungkapkan perasaan adalah awal dari penyembuhan. Ketika Anda menemukan seseorang yang dapat Anda percaya dan yang bisa mendengarkan Anda dan berbagi Firman dengan Anda, tahukah Anda apa yang terjadi? Anda akan mendapati bahwa mereka juga memiliki masalah besar – bahkan seringkali, memiliki masalah yang sama dengan Anda.

Memberitahu orang lain dapat membuka sumbat katup tekanan hidup Anda. Ketika Anda mengungkapkan rahasia terbesar Anda, beban Anda akan menciut.


Renungkan hal ini:

Kepada siapa Anda bisa mengakui dosa-dosa Anda dan berbagi perasaan Anda?

Siapa saja yang mempercayai Anda untuk melakukan hal yang sama?

Apakah Anda menganggap diri Anda seorang pendengar yang baik? Bagaimana Anda bisa memperbaiki diri Anda sebagai seorang pendengar?


Bacaan Alkitab Setahun :
1 Tawarikh 7-9; Yohanes 6:22-44


Jika Anda menginginkan penyembuhan, maka Anda harus berhenti menyembunyikannya. Justru pada bagian yang Anda paling tidak ingin diketahui siapa pun, disitulah tempat di mana Tuhan ingin sekali memberikan Anda rahmat dan kasih karunia-Nya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top