Ampunilah Karena Anda Telah Diampuni

| Selasa, September 19, 2017 |
Kolose 3: 13b "Sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian."

Alkitab mengatakan ada tiga alasan mengapa Anda harus melepaskan masa lalu dan orang-orang yang telah menyakiti Anda. Alasannya tak ada hubungannya dengan pantas atau tidaknya orang tersebut menerima pengampunan Anda. 

1. Anda harus mengampuni orang-orang yang telah menyakiti Anda karena Tuhan telah mengampuni Anda. Kolose 3:13 mengatakan, "Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian." Bila Anda ingin menjadi orang yang pemaaf, Anda harus terlebih dahulu menerima pengampunan dari Allah melalui Yesus Kristus. Alkitab mengatakan Tuhan datang ke Bumi dalam bentuk manusia, Yesus, untuk mengampuni segala kesalahan kita. Dia telah menebusnya sehingga kita tidak perlu menanggungnya. Sungguh suatu kabar baik!

2. Anda harus mengampuni orang-orang yang telah menyakiti Anda, karena kebencian bisa mengendalikan Anda. Alkitab mengatakan dalam Pengkhotbah 7: 9, "Janganlah lekas-lekas marah dalam hati, karena amarah menetap dalam dada orang bodoh." Kebencian membuat Anda sengsara dan membuat Anda terjebak di masa lalu. Dan begitu Anda sudah terjebak di masa lalu, Anda dikendalikan oleh masa lalu. Setiap kali Anda membenci sesuatu, itu akan menguasai pikiran Anda. Beberapa dari Anda membiarkan orang-orang yang menyakiti Anda 5, 10, atau bahkan 20 tahun yang lalu untuk menyakiti Anda lagi hingga hari ini. Itu bodoh. Jangan biarkan itu terjadi. Mereka tak bisa menyakiti Anda lagi. Masa lalu Anda sudah lewat, Anda harus melepaskannya.

3. Anda harus mengampuni orang-orang yang telah menyakiti Anda karena Anda akan membutuhkan lebih banyak pengampunan di hari yang akan datang. Yesus berkata dalam Matius 6:14, "Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga." Pengampunan itu berlangsung timbal balik. Anda tidak dapat menerima apa yang tidak mau Anda berikan.

Renungkan hal ini: 
Dalam situasi apa Anda perlu memberikan pengampunan agar Anda dapat terus berjalan dari masa lalu Anda?
Apa satu dosa yang Anda anggap tak akan pernah bisa Anda maafkan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 28-29; II Korintus 11


Tidak ada kalah dan menang dalam hal pengampunan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top