Apa yang Akan Menjadi Kontribusi Anda?

| Jumat, September 01, 2017 |
1 Petrus 4:10 "Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah."

Apa yang akan menjadi kontribusi hidup Anda? Apakah Anda akan menggunakan talenta dan kemampuan yang diberikan Tuhan untuk menguntungkan diri Anda sendiri atau untuk orang lain?

Alkitab mengatakan, "Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah" (1 Petrus 4:10). 

Tuhan memanggil Anda untuk membuat perbedaan. Dia memanggil Anda untuk memberi kontribusi di dunia ini. Anda tidak ditempatkan di sini hanya untuk memenuhi Bumi, bekerja, pensiun, dan mati. Tuhan telah membentuk Anda secara unik agar Anda dapat memberikan kontribusi yang unik.

Tanyakan hal ini pada diri Anda sendiri, "Berdasarkan bagaimana Tuhan memanggil saya, apa kontribusi terbaik yang bisa saya beri? Bagaimana saya bisa membuat perbedaan?"

Satu contoh yang tepat dalam Alkitab tentang seseorang yang diberi kesempatan dalam hidupnya untuk memberi kontribusi adalah Orang Samaria Yang Murah Hati. Ada seorang pria yang diserang para penyamun dalam perjalanannya dari Yerusalem ke Yerikho. Mereka memukulinya, merampas semua uangnya, dan membiarkannya mati di pinggir jalan. Orang pertama yang datang melewatinya adalah seorang pemimpin agama (imam Yahudi). Tapi dia tergesa-gesa dan berkata, "Saya tidak punya waktu untuk membantu orang ini," dan dia terus berjalan.

Kemudian seorang pemimpin agama lain lewat. Dia berkata, "Saya punya urusan saya sendiri. Saya harus melakukan sesuatu dengan segera. Saya terlalu sibuk. Lagipula saya juga tak mau berhubungan dengan orang itu." Kemudian dia berjalan melewati orang yang terluka itu.

Orang ketiga pun datang, dan sebenarnya dia punya banyak alasan masuk akal untuk tidak menolong orang tersebut. Orang itu adalah orang Samaria (Orang Samaria dan orang Yahudi saling membenci). Tetapi dia berhenti untuk menolong pria malang itu. Dia membawa orang asing itu naik ke keledainya, membawanya ke penginapan terdekat, dan memberitahu si pemilik, "Berilah dia makan, kenakan dia pakaian, rawatlah dia hingga ia pulih, dan aku akan kembali untuk membayar semua biayanya."

Kapan terakhir kali Anda melakukan hal itu untuk orang asing? Jarang? Atau mungkin tidak pernah? Mengapa? Anda tidak mengambil kesempatan itu, sementara orang ini mengambilnya. Orang Samaria ini memiliki kelebihan waktu; Dia mulai perjalanannya cukup awal sehingga dia bisa berhenti di sepanjang jalan untuk membantu seseorang yang membutuhkan bantuan. Dia memiliki kelebihan uang sehingga mampu memberikan uangnya. Dia memiliki kelebihan energi. Dia sedang tidak stres, dan oleh karena itu ia bisa mengambil kesempatan itu untuk membantu. 

Tuhan menciptakan Anda untuk memberi kontribusi. Apa kelebihan dan kemampuan unik yang Tuhan berikan kepada Anda? Bagaimana Anda bisa menggunakannya untuk memberkati orang lain?

Renungkan hal ini:
Dengan cara-cara apa Anda bisa membangun kelebihan atau kelonggaran (waktu, uang, tenaga) dalam hidup Anda, sehingga Anda bisa fokus pada orang lain dan bukan pada diri Anda sendiri?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 135-136; I Korintus 12


Jadilah alat Tuhan sebagai penyalur berkat bagi sesama. Kepercayaan, talenta dan berkat yang Anda miliki bukan Tuhan berikan untuk Anda nikmati sendiri.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top