Apakah Anda Berpusat Pada Diri Anda atau Pada Tuhan?

| Jumat, September 01, 2017 |
Filipi 4: 6-7 "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus."

Apa yang akan menjadi pusat hidup Anda? 

Dengan kata lain, untuk siapa atau untuk apa Anda hidup? Ada banyak pilihan. Anda bisa memilih untuk memusatkan hidup Anda di seputar karir, olahraga, hobi, mencari uang, atau bersenang-senang.

Tidak ada yang salah dengan hal-hal ini. Semua itu sah-sah saja, tapi itu semua adalah pusat yang buruk atas hidup Anda. Anda butuh sesuatu yang bisa dijadikan pusat kehidupan Anda yang sama sekali tidak akan berubah, yang tidak akan pernah bisa direnggut dari Anda. Sebab jika pusat Anda bisa berubah, maka Anda akan menjadi tidak aman. Anda akan selalu merasa tertekan. Anda butuh sesuatu yang tidak akan berubah dan yang memberi Anda jaminan keamanan.

Salah satu cara mengetahui apakah Yesus menjadi pusat kehidupan Anda ialah kekhawatiran Anda berkurang. Setiap kali Anda mulai cemas, itu harusnya memberi Anda lampu merah, tanda peringatan yang berbunyi, "Saya selama ini mengizinkan seseorang atau sesuatu menjadi pusat kehidupan saya, dan bukan Tuhan." Apabila Anda membolehkan seseorang menjadi pusat kehidupan Anda, maka Anda akan merasa tertekan sebab Anda tahu bahwa orang tersebut dapat meninggalkan hidup Anda kapan saja, atau meninggal atau sakit.

Hanya ada satu yang bisa Anda jadikan pusat kehidupan Anda yang tidak akan pernah berubah dan yang cukup kuat untuk menopang Anda selama menjalani kehidupan: Yesus Kristus.

Apakah Anda ingat bertahun-tahun lalu ada satu permainan bernama Super Balls (bola kecil terbuat dari karet)? Jika Anda memantulkannya ke tanah, bola itu akan melambung setinggi 9 atau 12 meter. Mengapa? Karena inti dari bola ini padat dan rapat. Itulah yang memberinya kemampuan untuk melambung tinggi. 

Bila pusat inti Anda kuat di dalam Tuhan, Anda memiliki kemampuan untuk melambung tinggi. Anda mampu bangkit kembali dari stres dengan lebih cepat. Anda mampu bangkit kembali dari masalah lebih cepat. Anda bangkit kembali dari kesedihan lebih cepat. Anda bangkit kembali dari krisis lebih cepat. Anda memiliki sesuatu yang solid dalam hidup Anda yang tidak akan berubah, sehingga itu membuat kekhawatiran Anda berkurang. 

Alkitab mengatakan dalam Filipi 4: 6-7, "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus."

Renungkan hal ini: 
Apa hal-hal yang paling penting untuk hidup Anda? Menilik dari pusat hidup Anda, apa yang bisa Anda katakan tentang prioritas-prioritas Anda?
Menurut Anda mengapa Anda mampu bangkit kembali lebih cepat dari kesengsaraan ketika hidup Anda berpusat pada Yesus?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 132-134; I Korintus 11:17-34


Jadikan Yesus menjadi pusat hidup Anda, maka Anda akan ditinggikan Tuhan 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top