Tuhan Memakai Masa-Masa Sulit untuk Kebaikan

| Senin, September 25, 2017 |
2 Korintus 1: 8b-9 "Beban yang ditanggungkan atas kami adalah begitu besar dan begitu berat, sehingga kami telah putus asa juga akan hidup kami. Bahkan kami merasa, seolah-olah kami telah dijatuhi hukuman mati. Tetapi hal itu terjadi, supaya kami jangan menaruh kepercayaan pada diri kami sendiri, tetapi hanya kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati."

Apakah Yesus menderita? Apakah kadang Dia kesepian? Apakah Dia pernah tergoda untuk patah semangat? Apakah Dia pernah salah dimengerti, difitnah, dan dikritik secara tidak adil?

Tentu saja Dia pernah! Tak ada satu pun dari kita yang terbebas dari penderitaan, kesepian, keputusasaan, atau kritik yang tak adil, karena Allah sedang mengembangkan karakter Kristus di dalam diri kita, dan agar kita mampu melakukannya, Dia harus membuat kita melewati semua keadaan tersebut dalam hidup ini, sama seperti apa yang telah dilalui Kristus. 

Apakah ini berarti Allah mendatangkan tragedi? Tidak, Allah itu baik, dan Dia tidak akan menyebabkan kejahatan atau berbuat jahat. Tetapi Allah dapat menggunakan masa-masa suram dan penuh tekanan dalam hidup kita demi mendatangkan kebaikan. Dia akan memakainya untuk mengajari kita untuk percaya pada-Nya, untuk menunjukkan kepada kita bagaimana caranya membantu orang lain, dan untuk menarik kita lebih dekat dengan orang percaya lainnya.

Alkitab mengatakan dalam 2 Korintus 1: 8b-9, "Beban yang ditanggungkan atas kami adalah begitu besar dan begitu berat, sehingga kami telah putus asa juga akan hidup kami. Bahkan kami merasa, seolah-olah kami telah dijatuhi hukuman mati. Tetapi hal itu terjadi, supaya kami jangan menaruh kepercayaan pada diri kami sendiri, tetapi hanya kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati."

Jadi, apa yang harus Anda lakukan ketika melewati masa-masa sulit?

Pertama, jangan berkecil hati. Lalu ingatlah bahwa Tuhan ada bersama Anda. Dan terakhir, bersandarlah pada perlindungan dan pimpinan Tuhan.

Kita semua pasti sudah dan akan mengalami masa-masa sulit. Perbedaannya, bagi mereka yang percaya dan yang tidak percaya pada Yesus adalah kehadiran Sang Terang, Yesus Kristus.
Renungkan hal ini: 
Pengalaman apa yang sulit dan yang membuat stres dalam hidup Anda, dimana Tuhan telah menggunakannya untuk mendatangkan kebaikan? 
Bagaimana selama ini Anda belajar mengandalkan Tuhan melalui masa-masa sulit dalam hidup Anda?
Pelajaran apa yang Anda petik tentang Tubuh Kristus (gereja) melalui masa-masa sulit dalam hidup Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Pengkotbah 1-2; II Korintus 13


Karakter kita dibentuk oleh masa sulit dalam hidup.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top