Bagaimana Memberi Kasih Kepada Orang yang Menyebalkan

| Rabu, Oktober 04, 2017 |
Amsal 19:11 "Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran."

Ketika Anda berurusan dengan orang-orang yang senang menyinggung atau yang menyebalkan, Anda perlu menilik luka di masa lalu mereka. Karena semua yang kita lakukan pasti ada penyebabnya. Saat orang menyakiti orang lain, itu karena mereka punya luka di dalam hati mereka. Orang yang tersakiti menyakiti orang lain.

Semakin Anda mengerti tentang latar belakang orang lain, semakin besar kasih yang bisa Anda tunjukkan kepada mereka. Perhatikan orang-orang yang paling menyebalkan atau yang paling menjengkelkan Anda - Anda mungkin tak tahu apa-apa tentang latar belakang mereka, sehingga yang sering terjadi adalah Anda tidak bisa memaklumi mereka. Anda tidak tahu bahwa mungkin mereka pernah diperlakukan kasar. Anda tidak tahu bahwa mungkin mereka adalah yatim piatu. Anda tidak tahu bahwa mereka telah mengalami kegagalan tiga kali dalam pernikahan dan saat ini suami mereka mulai menjauh. Anda tidak tahu cerita mereka, jadi Anda enggan menunjukkan kasih Anda. 

Alkitab mengatakan dalam Amsal 19:11, "Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran." Dengan hikmat, Anda tidak mudah tersinggung. Mengapa? Karena hikmat memberi Anda kesabaran. Bila Anda memahami latar belakang seseorang, Anda bisa memahami tekanan yang dialami orang tersebut - dan itu lebih memudahkan Anda untuk menunjukkan kasih Anda. Hikmat memberi Anda kesabaran untuk memaafkan kesalahan tersebut.

Yang saya bicarakan di sini adalah tentang kasih yang sejati. Malah, Alkitab mengatakan bahwa menolak untuk tersinggung oleh orang lain merupakan sebuah tindakan cinta kasih yang dewasa.
Itu menunjukkan betapa besar kasih yang Anda miliki di dalam hati Anda. Semakin besar kasih yang Anda miliki di dalam hati Anda, semakin sulit Anda mudah tersinggung dengan hal-hal yang sifatnya pribadi.

Semakin sedikit kasih yang Anda miliki di dalam hati, semakin Anda merasa gelisah dan semakin Anda mudah terpancing amarah. Amsal 10:12 mengatakan, "Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran." Semakin Anda dipenuhi dengan cinta kasih, semakin jarang Anda kesal saat orang lain begitu menuntut Anda, merendahkan Anda, atau tak setuju dengan Anda.

Inilah langkah pertama dalam menghadapi orang-orang yang sulit dihadapi: Anda harus memilih untuk menolak untuk tersinggung atau menyimpannya di dalam hati.

Renungkan hal ini:
Siapakah orang-orang yang paling sulit Anda hadapi dan siapa yang paling membuat Anda kesal? Bagaimana Anda bisa menunjukkan kasih Anda yang lebih besar atas mereka?
Bagaimana Anda bisa bertumbuh di dalam hikmat?
Ketimbang tersinggung, apa yang bisa Anda lakukan untuk lebih dalam mempelajari latar belakang seseorang?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 6-9; Efesus 4:1-16


Kasihilah musuhmu, seperti dirimu sendiri.
Sama seperti Tuhan telah begitu mengasihi kita yang menjadi "musuh"-Nya dalam dosa.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top