Tak Ada yang Berarti Jika Tanpa Kasih

| Sabtu, November 25, 2017 |
Galatia 5: 6 "Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih."

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang penting buat Tuhan? Alkitab memberitahu kita dalam Galatia 5: 6: "Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih." Tuhan mengatakan hal yang penting dalam hidup bukanlah prestasi atau prestasi atau ketenaran atau kekayaan Anda. Hal yang penting ialah memiliki iman yang mendorong Anda untuk mengasihi orang lain. Jika Anda melewatkan hal itu, maka Anda telah melewatkan hal yang paling penting dalam hidup.

Di dalam seminar, ketika si pembicara ingin menarik perhatian Anda dan ingin Anda mengingat sesuatu yang mereka sampaikan, maka mereka menggunakan pengulangan. Mereka mengatakan sesuatu berulang-ulang kali. Dalam beberapa ayat pertama dalam kitab Galatia, Paulus mengatakan hal yang sama dengan lima cara yang berbeda: Hal paling penting dalam hidup ini adalah kasih.

Berikut keempat alasannya.

1. Jika Anda tidak menjalani kehidupan yang penuh kasih, maka apapun yang Anda katakan itu tak ada artinya.
"Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing" (1 Korintus 13: 1).

Kita amat terkesan dengan para pembicara hebat. Kita menyukai kefasihan berbicara dan karisma mereka. Namun Tuhan berkata, "Aku tak peduli seberapa cakap engkau berbicara. Tapi apakah engkau menjalani hidupmu dengan kasih?" Jika tidak, maka tidak ada satupun yang kau katakan itu berarti. Kata-kata jika tanpa kasih, itu hanya kebisingan saja.

2. Jika Anda tidak menjalani kehidupan ini dengan kasih, maka apapun yang Anda tahu tak akan ada artinya. 
"Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal" (1 Korintus 13: 2).

Kita tinggal di dunia di mana pengetahuan itu begitu diagungkan. Seiring zaman, kita menjadi semakin pintar. Tapi kita masih saja menghadapi masalah-masalah yang sama: kejahatan, pelecehan, prasangka, kekerasan. Mengapa? Karena dunia ini sebenarnya tidak butuh lebih banyak pengetahuan, tapi lebih banyak cinta kasih. Anda mungkin jenius, namun Tuhan berkata bila Anda tidak punya cinta kasih dalam hidup Anda, maka semua yang Anda tahu itu tidak ada nilainya. 

3. Jika Anda tidak menjalani kehidupan ini dengan kasih, maka apapun yang Anda percaya tak akan ada artinya. 
Alkitab mengatakan, "Dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna"(1 Korintus 13: 2b). 

Ada satu mitos yang mengatakan bahwa menjadi pengikut Kristus itu hanya perlu percaya pada kebenaran Firman. Tak ada yang lebih penting dari Kebenaran! Tetapi sesungguhnya, ikut Kristus adalah tentang menjalani kehidupan yang penuh kasih. Dibutuhkan lebih dari sekedar iman percaya untuk menyenangkan Tuhan. 

4. Jika Anda tidak menjalani kehidupan dengan kasih, maka apapun yang Anda berikan tak akan ada artinya. 
Ayat berikutnya mengatakan, "Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku" (1 Korintus 13: 3).

Kasih tidak selalu jadi alasan dalam memberi. Beberapa orang memberi hanya untuk mendapatkan kembali atau keluar dari rasa bersalah atau untuk menunjukkan kekuasaan atau prestise. Ada banyak kemungkinan Anda memberi berdasarkan motif yang salah, namun Alkitab mengatakan bila Anda tak melakukannya karena kasih, maka tidak ada satupun pemberian Anda yang berarti. 

Alkitab amat jelas mengatakan apa yang akan terjadi bila Anda tak menjalani kehidupan yang penuh kasih. 

Renungkan hal ini: 
- Apa yang memotivasi Anda untuk memberi?
- Jika seorang teman menggambarkan tentang Anda, apa yang akan mereka katakan tentang bagaimana Anda menunjukkan kasih Anda kepada orang lain?
- Alkitab mengatakan, "Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih" (Galatia 5: 6). Menurut Anda apa artinya?


Bacaan Alkitab Setahun :
Obaja 1; Ibrani 5:11-14


Jadikan kasih sebagai alasan atas segala perbuatan dan pemikiran Anda
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top