Kita Meminta Terlalu Sedikit, dan Kita Menginginkan Terlalu Cepat

| Kamis, Desember 07, 2017 |
Efesus 3:20 "Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,"

Jika kita ingin Tuhan menjawab doa kita, kita bukan hanya harus rela Tuhan menjawab kapanpun yang menurut Dia adalah waktu terbaik, tapi juga bagaimanapun cara yang menurut Dia adalah yang terbaik.

Cara Tuhan selalu lebih baik dan lebih besar dan lebih tinggi.

Apa yang mungkin saja terjadi dalam kisah Zakharia dan Elisabet seandainya Allah menjawab doa permohonan mereka untuk mendapatkan keturunan dengan segera? Tentunya mereka akan mendapatkan bayi kecil yang lucu yang mereka cintai dan sayangi. Tetapi Allah menunda menjawab doa permintaan mereka itu setelah beberapa tahun lamanya. Kemudian Allah menjawabnya dengan mengaruniakan mereka Yohanes Pembaptis- sepupu Yesus Kristus- dimana satu-satunya nabi yang melihat nubuat-nubuat tentang Yesus digenapi dan yang mempersiapkan jalan bagi kedatangan Mesias.

Masalah kita ada dua: Kita meminta terlalu kecil dan sedikit, dan kita menginginkan terlalu cepat. Efesus 3:20 mengatakan, "Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita," Pikirkan hal terbesar dan terhebat yang ada dalam imajinasi Anda, ketahuilah Allah bisa melakukan yang lebih besar dari itu.

Saya percaya ayat ini, dan saya mencoba mengklaimnya kepada Tuhan. Saya membayangkan hal terhebat yang bisa saya doakan dan berpikir, "Ini benar-benar akan membuat Tuhan terkesan." Saya dengan tekun mendoakannya dan menunggu momen "Wow!" itu dari Tuhan. Tapi sebaliknya, saya mendapat jawaban, "Nak, tidakkah kau bisa meminta yang lebih besar dari itu? Dimana kreativitasmu? Dimana imajinasimu? Aku bisa menganugerahkan itu kepadamu dengan sangat mudah! Mengapa engkau tidak mempercayakan-Ku untuk sesuatu yang jauh melebihi yang bisa kau bayangkan?"

Jika seandainya Tuhan menjawab doa-doa saya tepat pada saat itu juga, maka saya akan langsung puas. Tetapi ketahuilah, Jawaban Tuhan itu jauh lebih besar dari apa yang saya minta. Saya bersyukur bahwa Tuhan belum menjawab semua doa saya. Sebab kalau tidak, segalanya akan kacau!

Ketika Kay dan saya menikah, kami mendapatkan sebuah kartu ucapan pernikahan yang bertuliskan, "Tuhan selalu memberikan yang terbaik kepada mereka yang menyerahkan pilihan mereka kepada-Nya."

Renungkan hal ini: 
- Pikirkan sesuatu yang sedang Anda doakan akhir-akhir ini. Bagaimana Anda akan mendoakannya secara berbeda setelah Anda mengerti kebenaran bahwa cara Tuhan itu selalu lebih baik dan lebih besar dan lebih tinggi?
- Jelaskan satu masa ketika Tuhan memberikan jawaban atas doa Anda yang melebihi apapun yang Anda minta atau yang bisa Anda bayangkan.
- Bagaimana Anda bisa menunjukkan bahwa Anda menginginkan yang terbaik dari Tuhan, bukan kehendak Anda sendiri?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 7; Ibrani 13


Marilah kita belajar untuk membiarkan Tuhan menjawab doa-doa kita menurut waktu-Nya dan dengan cara-Nya. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top