Tuhan Dapat Menggunakan Kesalahan Anda Untuk Mendatangkan Kebaikan

| Jumat, Januari 19, 2018 |
Roma 8:28 "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Mari kita hadapi kenyataan ini. Anda dan saya melakukan hal-hal bodoh dari waktu ke waktu. Kita kerap membuat kesalahan.

Tapi tak ada yang Anda lakukan yang diluar kapasitas yang Tuhan berikan. Kita mungkin membuat kesalahan, tapi Tuhan tidak pernah membuat kesalahan dalam menciptakan Anda.

Alkitab mengatakan hal ini kepada kita dalam Roma 8:28:"Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Ketika Anda membuat kesalahan bodoh, Tuhan berkata, "Aku bisa memperbaikinya. Aku bisa menggunakannya untuk kebaikan."

Tapi saya ingin memperjelas hal ini. Ini bukan janji yang ditujukan untuk semua orang. Ayat ini tidak mengatakan bahwa Tuhan berkarya dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi orang-orang yang hidup dalam pemberontakan, yang melawan Allah atau bagi mereka yang tidak hidup melaksanakan tujuan Tuhan.

Janji ini adalah untuk orang-orang yang datang kepada Tuhan dan berkata, "Aku ingin hidup untuk melaksanakan rancangan-Mu. Memang aku tidak selalu melakukannya dengan benar, tapi aku ingin melakukan yang benar. Aku ingin ikut Engkau, dan aku ingin percaya pada-Mu." Lakukan itu, dan Tuhan akan mengambil semua kesalahan Anda dan menggunakannya untuk mendatangkan kebaikan.

Itulah alasan untuk kita bersukacita.

Saat Anda meletakkan hidup Anda di tangan-Nya, itu bukan berarti Anda tidak akan pernah berbuat salah lagi. Anda masih akan membuat keputusan yang buruk. Anda masih akan gagal. Tapi Tuhan dapat memakai kesalahan-kesalahan Anda itu untuk memenuhi tujuan-Nya.

Tuhan tidak punya rencana B atas hidup Anda. Dia sudah tahu semua kesalahan yang akan Anda buat bahkan sebelum Anda dilahirkan. Dia juga tahu bahwa Dia akan memasukkan kesalahan-kesalahan Anda itu ke dalam rancangan-Nya.

Tuhan akan bekerja dalam segala perkara dan memasukkannya ke dalam rancangan-Nya.

Bukankah itu luar biasa?

Renungkan hal ini: 
- Bagaimana selama ini Anda melihat Tuhan mengubah kesalahan Anda menjadi kebaikan? Bagaimana Anda melihat Dia melakukan itu dalam kehidupan orang lain?
- Jika Anda tahu bahwa Tuhan bisa menggunakan kesalahan Anda untuk kebaikan, bagaimana hal itu mengubah pandangan Anda akan masa depan?
- Langkah iman apa yang akan Anda ambil dengan satu keyakinan bahwa Tuhan sedang bekerja untuk mendatangkan kebaikan dalam hidup Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 41-42; Matius 12:1-23


Anda bisa berhenti khawatir. Tenanglah dan beristirahatlah di dalam Tuhan. Lakukan yang terbaik dengan segala kuasa yang telah Dia anugerahkan kepada Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top