Tuhan Pegang Kendali Bahkan Ketika Rencana Anda Gagal

| Rabu, Januari 24, 2018 |
Roma 4: 17b "Di hadapan Allah yang kepada-Nya ia (Abraham) percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada."

Ada kata-kata tertentu dalam hidup ini yang merupakan jalan buntu bagi manusia: "kanker," "perceraian," "kebangkrutan," "ketidaksuburan," dan "pengangguran."

Bagaimana Anda bisa tahu kapan Anda sedang berada dalam kebuntuan? Anda mengetahuinya ketika segala perkara berada di luar kendali Anda dan Anda tak bisa berbuat apa-apa. 

Ketika Anda jalan di tempat dan sedang menantikan waktunya bebas dari permasalahan, Anda harus ingat betapa besar kuasa Tuhan, betapa Ia bisa mengubahkan segalanya. Mungkin situasi yang Anda hadapi di luar kuasa Anda, tapi ingatlah itu tidak pernah lepas dari kendali Tuhan. Saat Anda dihadapkan pada jalan buntu, janganlah fokus pada apa yang tidak bisa Anda lakukan. Tapi sebaliknya, fokuslah pada apa yang bisa Tuhan lakukan.

Roma 4: 17b mengatakan, "Di hadapan Allah yang kepada-Nya ia (Abraham) percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada."

Berikut ialah dua hal yang Tuhan lakukan yang tidak dapat Anda lakukan: Dia dapat menghidupkan orang mati, dan Dia dapat menciptakan sesuatu dari yang tidak ada. Jika Tuhan dapat menghidupkan kembali orang mati, maka Dia juga dapat menghidupkan karir yang telah mati. Dia dapat menghidupkan pernikahan yang telah hancur. Dia dapat menghidupkan impian yang telah musnah. Dia dapat menghidupkan kebuntuan finansial. 

Bukan hanya pikiran positif yang membantu Abraham. Pikiran positif bekerja dengan baik di tengah situasi yang bisa Anda kendalikan. Namun itu bukanlah iman. Itu dua hal yang amat berbeda.

Di dalam situasi yang di luar kuasa Anda, berpikir positif tak ada gunanya. Itu hanya angan-angan belaka. Itu tidak akan mengubah situasi. Saat Anda menghadapi perkara yang di luar kuasa Anda, Anda butuh sesuatu yang lebih dari sekedar sikap dan mental positif. Anda harus beriman kepada Tuhan, karena Dia bisa mengendalikannya di kala Anda tidak bisa. Sebagian besar perkara dalam hidup kita berada di luar kuasa Anda, sebab itu Anda jauh lebih membutuhkan iman dibanding pikiran positif. 

Yesus berkata dalam Lukas 18:27, "Kata Yesus: "Apa yang tidak mungkin bagi manusia, mungkin bagi Allah." Tuhan amat ahli dalam hal mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin. Itu dinamakan mujizat, dan Dia mampu melakukannya dalam hidup Anda! Dia siap mengubah jalan buntu Anda menjadi kelegaan. 

Renungkan hal ini: 
- Apa jalan buntu yang tengah Anda hadapi hari ini?
- Mengapa terkadang sulit untuk mengakui bahwa ada sesuatu yang berada di luar kuasa Anda?
- Apa hasil dari beriman di dalam Tuhan bahkan di tengah jalan buntu? Bagaimana itu mengubah Anda? Bagaimana itu mengubah keadaan Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 7-8; Matius 15:1-20


Masih ada Tuhan, masih ada kuasa mujizat yang tidak terbatas tersedia untuk Anda.
Percayalah Tuhan tetap sama ada untuk Anda, dulu, sekarang dan selamanya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top