Tiga Langkah untuk Berserah, dan Delapan Manfaatnya

| Jumat, Februari 23, 2018 |
Ayub 11: 13-18 "Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya; jikalau engkau menjauhkan kejahatan dalam tanganmu, dan tidak membiarkan kecurangan ada dalam kemahmu, maka sesungguhnya, engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut, bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu. Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari. Engkau akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, engkau akan pergi tidur dengan tenteram;"

Alkitab mengatakan dalam 1 Yohanes 4:18, "Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih."

Lalu bagaimana caranya belajar menjalani hidup di dalam kasih Tuhan agar Anda bisa hidup terbebas dari rasa takut?
Setiap hari, Anda harus menyerahkan hati Anda kepada Tuhan.

Ketika Anda bangun setiap pagi, sebelum kaki Anda menyentuh lantai, Anda harus berseru, "Tuhan, sebelum aku memulai hari ini, aku ingin menyerahkan seluruh emosiku kepada-Mu. Bertahtalah di atas semua perasaaku. Kendalikan pikiranku dan emosiku. Aku menyerahkan hatiku kepada-Mu. Pemuhilah Aku dengan kasih-Mu." 

Ayub 11: 13-18 mengatakan, "Jikalau engkau ini menyediakan hatimu, dan menadahkan tanganmu kepada-Nya; jikalau engkau menjauhkan kejahatan dalam tanganmu, dan tidak membiarkan kecurangan ada dalam kemahmu, maka sesungguhnya, engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut, bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu. Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari. Engkau akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, engkau akan pergi tidur dengan tenteram;"

Ada tiga perintah dan delapan janji di dalam Alkitab. Tuhan menyuruh Anda melakukan ini, dan kemudian Dia akan melakukan itu untuk Anda. Setiap janji punya dasar pemikiran atau premis. 

Pertama Dia memberi Anda perintah: Serahkanlah hatimu kepada Tuhan setiap hari. Datanglah kepada-Nya di dalam doa. Tinggalkanlah dosa-dosamu. Akuilah dosa-dosamu di hadapan Tuhan.

Kemudian, perhatikan kedelapan manfaatnya: "Engkau dapat mengangkat mukamu tanpa cela, dan engkau akan berdiri teguh dan tidak akan takut, bahkan engkau akan melupakan kesusahanmu, hanya teringat kepadanya seperti kepada air yang telah mengalir lalu. Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari. Engkau akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, engkau akan pergi tidur dengan tenteram"

Wow! Siapa yang tidak mau merasakan manfaat itu? Caranya, tuliskan ayat di atas di kertas catatan kecil dan tempelkan di suatu tempat yang mudah Anda lihat di sepanjang minggu. Biarlah itu kiranya dapat mengingatkan Anda untuk melakukan ketiga hal tadi- menyerahkan hati Anda kepada Tuhan, berserah kepada-Nya dalam doa, dan mengakui dosa-dosa Anda – agar kasih Allah memenuhi hidup Anda dan mengusir semua kecemasan dan ketakutan Anda.

Cobalah minggu ini, kemudian perhatikan bagaimana Tuhan memenuhi janji-janji-Nya saat Dia melingkupi Anda dengan kasih-Nya. 

Renungkan hal ini: 

- Bagaimana kesombongan menghalangi Anda untuk menyerahkan beberapa bagian (atau sebagian besar ) hidup Anda kepada Tuhan?
- Ketakutan-ketakutan apa yang memerlukan kuasa Tuhan untuk mengusirnya?
- Mengapa Tuhan ingin Anda melakukan sesuatu sebelum Ia memenuhi sebuah janji tertentu?


Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 1-3; Markus 3


Tidak sulit untuk berserah, asalkan ada kerendahan hati dalam diri Anda
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top