Anda Tidak Perlu Melupakan

| Rabu, Maret 14, 2018 |
Roma 8:28 "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Anda telah mendengar ungkapan ini berulang-ulang: "Maafkan dan lupakan." Tapi ada satu masalah dengan ungkapan ini: Anda tidak akan bisa melakukannya. Itu mustahil! Anda tak akan pernah bisa benar-benar melupakan luka dalam hidup Anda. Anda bahkan tidak akan bisa melupakannya. Karena saat Anda mencoba untuk melupakan, sebenarnya Anda tengah fokus pada hal yang ingin Anda lupakan.

Melupakan bukanlah apa yang Tuhan ingin Anda lakukan. Sebaliknya, Dia ingin Anda mempercayai-Nya dan melihat bagaimana Dia dapat mendatangkan kebaikan dari dalam kekelaman. Itu lebih penting ketimbang melupakan, sebab dengan begitu, Anda dapat bersyukur kepada Tuhan atas kebaikan yang Dia hadirkan. Anda tidak bisa bersyukur kepada Tuhan atas hal-hal yang sudah Anda lupakan.

Roma 8:28 mengatakan, "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Ayat ini tidak mengatakan bahwa segala sesuatu dalam kehidupan ini baik, karena segala sesuatunya sebenarnya tidak baik. Kanker itu tidak baik. Penyakit itu tidak baik. Kematian itu tidak baik. Perceraian itu tidak baik. Perang itu tidak baik. Pemerkosaan dan pelecehan itu tidak baik. Ada banyak hal dalam hidup ini yang jahat. Tidak semua yang terjadi di dunia ini adalah kehendak Tuhan.

Tetapi Tuhan berfirman bahwa Dia akan mendatangkan kebaikan dari dalam keburukan di dalam hidup ini apabila kita mau percaya pada-Nya. Ketika Anda datang kepada-Nya dan berkata, "Tuhan, aku persembahkan semua kepingan hidupku," maka Dia akan membalasnya dengan damai sejahtera. Dia akan memberi Anda kedamaian di hati Anda ketika Anda tahu bahwa meskipun Anda tidak mengerti luka yang ada di dalam hidup Anda, namun Anda masih bisa mengampuni sebab Anda tahu bahwa Tuhan akan menggunakan rasa sakit dan luka itu untuk mendatangkan kebaikan.
Renungkan hal ini: 
- Apa yang perlu Anda lakukan hari ini untuk mengampuni seseorang yang telah menganiaya Anda sehingga Anda dapat melanjutkan hidup?
- Kapan dan bagaimana Anda pernah merasakan betapa baiknya karya Tuhan atas hidup Anda walau di tengah-tengah situasi sulit?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ulangan 20-22; Markus 13:21-37


Anda tidak perlu melupakan hal pahit yang terjadi dalam hidup Anda. Anda hanya perlu mengampuni dan menantikan bagaimana Dia akan mendatangkan kebaikan dari situasi tersebut. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top