Menetapkan Tujuan dan Target Membantu Anda Melakukan Hal yang Paling Penting

| Senin, Maret 05, 2018 |
Efesus 3:20 "Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,"

Alkitab mengatakan bahwa Yesus menetapkan tujuan. Malah sebenarnya Dia sering menyatakan secara terbuka apa tujuan Dia untuk tahap berikutnya dalam pelayanan-Nya. 

Jadi mengapa Anda harus menetapkan tujuan? Kita akan melihat tiga alasannya hari ini. 

Anda perlu menetapkan tujuan-tujuan karena itu merupakan tanggung jawab rohani.
Jika Anda tidak memiliki tujuan untuk hidup Anda, artinya Anda telah memutuskan untuk membiarkan orang lain mengatur hidup Anda. Jika Anda belum memutuskan terlebih dahulu apa saja hal-hal yang penting, artinya Anda membiarkan orang lain memutuskannya. Dan pada akhirnya Anda menyia-nyiakan hidup Anda, sebab Anda belum menyatakan bagaimana Anda ingin tumbuh sebagai pengikut Kristus.

Alkitab mengatakan bahwa untuk menjadi orang yang dewasa secara rohani, Anda harus menetapkan tujuan Anda dan kemudian memusatkan fokus Anda dan bergerak mewujudkannya.

"Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus." Dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu"(Filipi 3:12, 14-15).

Anda perlu menetapkan tujuan-tujuan Anda karena itu adalah pernyataan iman Anda.
Jika Anda pengikut Yesus Kristus dan Anda telah menetapkan tujuan, maka Anda biasanya berkata, "Saya percaya Tuhan ingin saya mengerjakan hal ini pada saat ini. Inilah yang saya percaya Tuhan akan lakukan dalam hidup saya."

Tujuan-tujuan bukanlah sekedar pernyataan iman, tapi itu juga merentangkan iman Anda. Semakin besar tujuan Anda, semakin besar iman Anda akan merentang. Dan itu menyenangkan hati Tuhan.

Efesus 3:20 mengatakan, "Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat,"

Anda perlu menetapkan tujuan-tujuan karena itu memfokuskan energi Anda.
Fokus adalah kunci menuju kehidupan yang efektif. Jika Anda menyebarkan energi Anda dan membaginya untuk banyak hal, itu akan sama sekali tidak memberi dampak. Tapi jika Anda memfokuskan hidup Anda, maka tujuan-tujuan Anda akan menjadi kuat dan itu akan mengubah dunia.

Anda tidak akan punya waktu untuk melakukan semuanya. Tapi inilah kabar baiknya: Tuhan tidak mengharapkan Anda melakukan semuanya! Kunci untuk menjadi efektif dalam hidup sebagai pengikut Allah ialah melakukan hal yang paling penting dan melupakan hal lainnya. Menetapkan tujuan membantu Anda untuk tetap fokus.

"Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul." (1 Korintus 9:26).

Renungkan hal ini: 
- Bagaimana tujuan-tujuan Anda mencerminkan apa yang Anda yakini tentang Tuhan?
- Apakah keluarga Anda menetapkan tujuan-tujuan secara bersama-sama? Mengapa penting untuk melakukan ini sebagai sebuah keluarga?
- Apa hal-hal yang tidak terlalu penting yang mana Anda menghabiskan banyak waktu dan energi untuk itu?



Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 23; Markus 7:14-37


Libatkan Tuhan selalu dalam segala tujuan hidup Anda. Jadikan Dia sebagai tujuan Anda
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top