Tertawa, Bermain, Berdoa dan Berharap

| Senin, April 16, 2018 |
Matius 11: 19 "Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."

Tuhan merancang Anda untuk menikmati hidup Anda, bukan hanya untuk bertahan hidup. Dia membentuk tubuh Anda sesuai dengan gambaran dari kebenaran Firman ini. Firman Tuhan yang satu ini amat jelas: Menikmati hidup akan mengantarkan Anda pada tahun yang lebih sehat.

Alkitab mengajarkan dalam Amsal 17:22, "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang." Dengan kata lain, dia yang tertawa, bertahan hingga akhir. Sains juga mulai banyak melakukan riset tentang hal ini. Banyak riset membuktikan bahwa ketika Anda tertawa –tanda nyata bahwa Anda menikmati hidup - jumlah sel-T Anda dan imunitas Anda terhadap penyakit meningkat. Humor adalah karunia Tuhan untuk Anda. Terimalah!

Alkitab mengatakan dalam Matius 11:19 bahwa "Anak Manusia datang, Ia makan dan minum." Di satu sisi, Yesus adalah seseorang dengan pelayanan yang paling intensif yang pernah ada, yang hidupnya paling berorientasi pada penginjilan, namun di sisi lain, Dia juga menjalani hidupnya sepenuhnya dan mencintai kehidupan ini dengan sepenuh hati-Nya. Dan bagi Dia, itu bukan sebuah hal yang berkontradiksi. 

Jadi artinya, jika salah satu tujuan terbesar dalam hidup Anda ialah menjadi lebih semakin seperti Yesus Kristus – seperti kebanyakan dari kita- maka Anda dapat mewujudkannya jika Anda tahu bagaimana caranya menikmati hidup seperti Yesus.

Untuk menikmati hidup dengan sepenuhnya, kita membutuhkan aktivitas yang mengisi emosi kita kembali. Kita butuh kegiatan yang benar-benar membangun kita kembali. Sebab Tuhan menciptakan masing-masing kita berbeda, maka Dia merancang kita menggunakan cara-cara yang berbeda untuk melakukannya. 

Karena saya melakukan banyak "pekerjaan otak" sepanjang hari, saya menikmati "membangun diri saya kembali" dengan cara bekerja dengan tangan saya. Jika Anda bekerja dengan tangan Anda sepanjang hari, Anda dapat menikmati bekerja dengan pikiran Anda, seperti membaca atau melakukan teka-teki silang, sebagai pelepas penat Anda. 

Tertawa sebenarnya salah satu cara terampuh untuk Anda membangun kembali diri Anda dalam keseharian Anda. Kita semua butuh gelak tawa di sepanjang hari kita. Tuhan menciptakan kita menurut gambar dan rupa-Nya, dan Alkitab mengatakan bahwa Tuhan juga tertawa! Bahkan Tuhan selalu tertawa yang paling akhir (lihat saja Kejadian 21 dan penamaan Ishak)!

Untuk menjadi orang dengan emosi yang seimbang, Anda harus menanggapi Tuhan dengan sangat serius namun jangan menganggapi diri Anda dengan serius. Belajarlah untuk menertawakan keterbatasan Anda. Dan Anda akan punya jiwa yang kaya!

Anda harus lebih lagi menikmati hidup ini dalam situasi apapun. Malah sebenarnya, jika Anda hanya bisa menikmati hidup Anda ketika semua masalah Anda sudah selesai, itu berarti Anda tidak akan pernah bisa menikmati hidup. Mengapa? Semua masalah tidak akan pernah terpecahkan di saat yang sama. Masalah akan tetap datang silih berganti. 

Mungkin Anda akan melewati masa-masa sulit di tahun ini. Tetapi, buatlah komitmen hari ini untuk menikmati karunia hidup yang diberikan Allah kepada Anda tahun ini. Tertawalah, bermainlah, berdoalah, dan berharaplah.

Kemudian hidup yang lebih bahagia dan yang lebih sehat akan datang menyapa Anda. 

Renungkan hal ini: 
- Apa saja cara Anda mengisi kembali diri Anda secara fisik, emosional, dan spiritual?
- Deskripsikan satu masa dalam hidup Anda dimana tawa membantu Anda melewati situasi sulit.
- Apakah Anda perlu mengubah jadwal Anda sehingga Anda memiliki keseimbangan yang lebih baik dalam hal pekerjaaan, pelayanan, dan hiburan? Bagaimana caranya?



Bacaan Alkitab Setahun :
1 Samuel 30-31; Lukas 13:23-25


Sukacita sejati yang kekal hanya dapat Anda temukan dalam Tuhan
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top