Mengapa Saya Tidak Bisa Berhenti Melakukan Kesalahan?

| Rabu, Mei 16, 2018 |
1 Yohanes 1: 8 "Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita."

Dosa selalu melibatkan penipuan diri. Pada saat Anda berbuat dosa, Anda sedang menipu diri sendiri sebab Anda berpikir bahwa apa yang Anda lakukan benar-benar akan menghasilkan yang lebih baik dibanding dengan apa yang Tuhan mau Anda kerjakan.

Untuk bisa berhenti kalah dari diri Anda sendiri, Anda harus berhenti menipu diri sendiri. Anda harus jujur dengan hidup Anda, hadapi kebenaran, dan lawan masalah-masalah yang ada. Apakah ada sesuatu dalam hidup Anda dimana Anda bertingkah seakan-akan itu tidak jadi satu masalah? Mungkin masalah kecanduan? Sesuatu yang Anda pikir bukanlah suatu masalah besar, padahal itu sebenarnya masalah besar?

Sungguh tidak ada bedanya antara apakah Anda kecanduan heroin atau kecanduan belanja dengan kartu kredit, antara apakah Anda menonton pornografi atau membaca novel erotis. Anda menggunakan hal-hal tersebut untuk menghindari sesuatu yang menyakitkan atau sesuatu yang sulit diatasi. Tetapi Anda tidak akan menemukan penyembuhan sampai Anda mengetahui akar permasalahan Anda.

Anda tidak harus mencapai titik terendah untuk bisa benar-benar berubah. Saat ini ada banyak tanda-tanda peringatan di sekitar Anda yang bisa menyadarkan Anda, jika Anda mau memperhatikannya. Tetapi jika Anda tidak mau, Anda akan terus-menerus menuju kehancuran.

Anda tidak boleh menuju ke sana! Anda dapat mengakui akar permasalahan Anda dan meminta Tuhan untuk membantu Anda untuk mengatasinya sekali dan untuk selamanya.

Saya pernah bertanya kepada para konselor profesional di gereja kami, "Apa masalah terbesar yang orang-orang alami?" Mereka mengatakan ini berulang kali, "Orang-orang menunggu terlalu lama sebelum meminta bantuan. Akibatnya, hampir tidak mungkin mereka bisa berubah." Ada tanda-tanda peringatan di sepanjang pernikahan, tapi tiba-tiba si suami atau istri keluar dari situ. Ada terlalu banyak orang yang terus menyangkal dan menunggu hingga terlambat, dan mereka mengalami rasa sakit yang sebenarnya tidak perlu.

Alkitab berkata, "Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita" (1 Yohanes 1: 8).

Pertanyaan sulit apa yang perlu Anda tanyakan kepada diri sendiri tentang dosa dalam hidup Anda? Tanda-tanda peringatan apa yang telah Anda abaikan?

Renungkan hal ini: 
- Bagaimana kesombongan diri menghalangi Anda untuk mengetahui akar masalah Anda?
- Mengapa kita sering berpikir bahwa kita lebih tahu daripada Tuhan tentang apa yang terbaik bagi kita?
- Menurut Anda, apa yang Allah ingin Anda lakukan setelah Anda menghadapi kebenaran tentang masalah-masalah dalam hidup Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
2 Raja-raja 24-25; Yohanes 5:1-24


Mengapa Saya tidak bisa Berhenti Melakukan Kesalahan?
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top