Untuk Tahu Kemana Anda Harus Pergi, Evaluasi Dimana Anda Berada Saat Ini

| Minggu, Mei 20, 2018 |
Roma 12: 3b "Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing."

Faktanya, tidak ada seorang pun yang sempurna dan mampu mengatasi semuanya, termasuk saya dan Anda. Paus pun tidak mampu melakukannya juga. Alkitab mengatakan tidak ada yang sempurna di Bumi ini, kecuali Firman Tuhan. Segala sesuatu di planet ini telah rusak karena dosa.

Namun pada kenyataannya, kita berkeliling mencoba membuat orang terkesan dengan kita, dan berpura-pura seolah-olah kita mampu berubah di segala sisi kehidupan kita. Masalahnya adalah, jika Anda ingin memiliki perubahan yang langgeng di dalam hidup Anda, pertama-tama Anda harus dengan rendah hati menilai keadaan Anda saat ini dan mengakui bahwa Anda tidak mampu melakukannya. Anda harus mengakui bahwa Anda juga punya masalah dengan finansial Anda, dengan kesehatan Anda, atau di area mana pun saat ini Anda bergumul di dalamnya.

Roma 12: 3b mengatakan, "Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing."

Apakah Anda bersedia bertanya kepada orang-orang terdekat Anda, "Dalam hal apa saya harus berubah?" Apakah Anda punya keberanian untuk meminta orang lain untuk jujur mengatakan tentang Anda?

Mengapa itu sangat penting? Sebab Anda hanya dapat mengatur apa yang Anda ukur. Apabila Anda tidak tahu ukuran iman Anda, maka Anda tidak dapat bertumbuh di dalam iman Anda. Jika Anda tidak tahu di mana keadaan kesehatan Anda, maka Anda tidak dapat bertumbuh dan memperbaiki kesehatan Anda. Jika Anda tidak tahu di mana Anda berada saat ini di dalam keuangan Anda, maka Anda tidak dapat menetapkan tujuan keuangan Anda. Jika Anda tidak tahu di mana saat ini Anda berada dalam hal spiritual, pekerjaan, atau hubungan dengan orang lain, maka Anda tidak akan bisa bertumbuh di dalam area-area tersebut. Mengapa? Sebab Anda hanya dapat mengatur apa yang menurut ukuran Anda.

Juga penting untuk mencatat kemajuan Anda dalam mencapai gol apa pun di dalam hidup Anda. Jika Anda berencana untuk menetapkan beberapa gol dalam hal kesehatan, keuangan, atau apapun itu, catatlah kemajuan Anda sepanjang tahun, sehingga Anda dapat mengukur pertumbuhan Anda.
Kemudian, evaluasilah di mana Anda berada sehingga Anda bisa tahu ke mana Anda harus melangkah. 

Renungkan hal ini: 
- Siapa dalam hidup Anda yang dapat Anda ajak bicara secara terbuka dan jujur?
- Bidang apa saja dalam hidup Anda yang perlu Anda evaluasi, sehingga Anda dapat menetapkan sasaran yang lebih realistis untuk mendatangkan perubahan dalam hidup Anda?
- Apa saja cara yang dapat Anda pakai untuk melacak pertumbuhan dan kemajuan Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
1 Tawarikh 10-12; Yohanes 6:45-71


Hambatan pertama dan terbesar untuk berubah di setiap area kehidupan Anda ialah kebanggaan diri. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top