Anda Tidak Harus Hidup dengan Rasa Bersalah

| Rabu, Juli 04, 2018 |
Amsal 28:13 " Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi."

Tuhan selalu siap memberi Anda kesempatan baru. Itu adalah batu fondasi dalam Kekristenan. Kita semua telah lalai bertanggungjawab. Kita semua telah hancur. Alkitab memberi tahu kita, "Sesungguhnya, di bumi tidak ada orang yang saleh: yang berbuat baik dan tak pernah berbuat dosa!"(Pengkhotbah 7:20).

Allah tidak ingin Anda hidup dalam rasa bersalah berat, menanggung semua ketidakbertanggungjawaban dalam hidup Anda. Rasa bersalah menghancurkan kepercayaan diri Anda, merusak hubungan Anda, membuat Anda terjebak di masa lalu, dan bahkan mengganggu kesehatan Anda. Saya pernah membaca sebuah studi beberapa tahun lalu yang mengatakan bahwa 70% pasien di rumah sakit sebenarnya bisa keluar jika saja mereka tahu caranya mengatasi rasa bersalah mereka.

Tuhan menginginkan yang jauh lebih dari itu untuk hidup Anda. Tentunya Anda tidak ingin hidup dengan rasa bersalah, bukan? Maka, inilah kebenaran penting yang harus selalu Anda pegang: Anda tidak perlu hidup dengan rasa bersalah. 

Tuhan ingin Anda hidup dengan memegang janji-Nya dan harapan. Dia bahkan dapat mendatangkan kebaikan dari setiap keputusan salah yang telah Anda buat, apabila Anda menyerahkan segala kelalaian itu kepada-Nya. 

Bagaimana caranya?

Akui kepada Tuhan bahwa Anda telah membuat kesalahan. Itu tidak akan membuat Dia terkejut. Dan itu juga tidak akan mengubah persepsi-Nya tentang Anda. Saya berharap Anda mau mengambil langkah ini hari ini. Ketika Anda melakukannya, bersiaplah untuk menerima ini dari Tuhan:

1. Tuhan mengampuni seketika itu juga. Saat Anda mengakui dosa Anda kepada-Nya, maka Dia langsung mengampuni Anda.

2. Tuhan mengampuni dengan cuma-cuma. Anda tidak perlu berusaha untuk mendapatkan pengampunan-Nya, sebab kerja keras Anda tidak akan pernah cukup untuk melayakkan Anda mendapatkan anugerah pengampunan-Nya. 

3. Tuhan mengampuni sepenuhnya. Dia menghapus dosa Anda hingga benar-benar bersih.

Jika Anda telah terperosok ke dalam rasa bersalah dan malu, kemungkinan besar Anda akan mengabadikan masalah apa pun yang Anda punya. Anda akan mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda gagal, Anda bodoh. Karena Anda sudah menganggap diri Anda bodoh, Anda akan berpikir Anda akan jatuh dalam dosa yang sama lagi. Ini siklus menjijikan yang sulit kita putus. 

Jawabannya adalah Anda membutuhkan suatu kuasa yang lebih besar dari kekuatan Anda. Anda membutuhkan seorang Juruselamat. Anda membutuhkan Yesus.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda melihat rasa bersalah telah mempengaruhi orang lain secara fisik, emosional, mental, dan spiritual?
- Apa yang mendorong Anda untuk meminta Tuhan mengampuni Anda?
- Apa yang Anda perlukan hari ini untuk meminta pengampunan-Nya?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 28-29; Kisah Para Rasul 13:1-25


Percayalah, Anda telah diampuni dan hutang dosa Anda telah dibayar lunas oleh Yesus di kayu salibNya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top