Jika Anda Ingin Berubah, Mulailah dengan Pemikiran Anda

| Selasa, Agustus 21, 2018 |
Efesus 4:23 "Supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,"

Perubahan memerlukan pemikiran yang baru. Untuk bisa berubah, kita harus belajar tentang kebenaran dan mulai mengambil pilihan-pilihan yang baik, namun kita juga harus mengubah cara pikir kita.

Misalnya, Anda berkata, "Saya harus lebih mencintai pasangan saya," ketahuilah itu tidak akan bekerja. Anda tak bisa melawan perasaan Anda. Anda harus mengubah cara Anda berpikir tentang pasangan Anda, tentang anak-anak Anda, juga tentang anggota keluarga Anda yang lain. Itu akan mengubah cara Anda merasa, yang kemudian akan mengubah cara Anda bertindak. Alkitab berkata, "Supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu," (Efesus 4:23).

Pertempuran melawan dosa, pertempuran melawan kekurangan dalam hidup Anda yang tidak Anda suka dimulai dari dalam pikiran Anda. Jika Anda ingin mengubah perilaku Anda atau apa pun itu di dalam emosi Anda, mulailah dengan pikiran dan sikap Anda.

Pembaharuan pikiran terkait dengan kata "pertobatan." Saya tahu pertobatan adalah kata yang tabu bagi banyak orang. Mereka menganggap itu sesuatu yang buruk, sesuatu yang benar-benar tidak ingin mereka lakukan, sesuatu yang menyakitkan. Mereka langsung terbayang seorang pria yang berdiri di sudut jalan yang memegang papan yang bertuliskan, "Bertobatlah! Kiamat sudah dekat!"

Pertobatan lebih dari sekadar mengubah perilaku. Ini lebih tepatnya mengubah pikiran Anda dan belajar untuk berpikir secara berbeda. "Bertobat" berarti mengubah arah mental Anda.

Anda beralih dari rasa bersalah kepada pengampunan. Anda beralih dari rasa frustrasi kepada kebebasan, dari kegelapan menuju terang, dari kebencian dan kepahitan menuju kasih.

Anda mungkin juga perlu mengubah cara pikir Anda tentang Tuhan. Dia tidak marah pada Anda; Dia amat sangat mengasihi Anda! Anda begitu bercacat cela, namun Anda amat dikasihi oleh-Nya.

Mulailah dengan pikiran Anda, dan ubahlah cara Anda berpikir tentang hubungan, ekonomi, dunia, dan masa lalu Anda, sekarang, dan masa depan. Mengubah cara pikir Anda akan mempengaruhi emosi dan perilaku Anda.

Renungkan hal ini:
- Di mana Anda bisa mendapatkan kekuatan untuk melakukan perubahan yang menurut Anda tidak mampu Anda lakukan sendiri?
- Menurut Anda mengapa pertobatan diperlukan untuk pembaruan pikiran Anda?
- Bagaimana Anda perlu mengubah cara pikir Anda tentang hubungan Anda yang paling penting dengan orang lain?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 106-108; 1 Korintus 4


Cara berpikir Anda menentukan apa yang Anda rasakan, dan cara Anda merasakan menentukan cara Anda bertindak. Jika Anda ingin mengubah cara Anda bertindak, mulailah dengan mengubah cara pikir Anda. Selain itu, apabila Anda ingin mengubah cara Anda merasa, Anda harus mulai dengan mengubah Anda berpikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top