Uang: Cara Favorit Tuhan untuk Menguji Anda

| Jumat, Januari 18, 2019 |
Matius 6: 19-21 "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya."

Tuhan menggunakan uang untuk menguji Anda. Dia tidak secara otomatis memberikan berkat-Nya kepada siapa pun. Dia terlebih dulu menguji Anda untuk melihat apakah Anda bertanggung jawab atau tidak. Jika Dia bisa mempercayakan Anda dengan harta benda, maka Dia juga bisa mempercayakan Anda dengan kuasa rohani. Tetapi jika Anda tidak mengelola uang Anda dengan baik, mengapa Dia harus memberi Anda hal-hal lain yang sungguh-sungguh penting?

Keuangan adalah alat favorit Tuhan untuk menguji Anda. Dia menggunakan uang Anda untuk menguji beberapa hal.

Uang menunjukkan apa yang paling Anda sukai.

Jika Anda benar-benar ingin tahu apa yang paling penting buat Anda, lihat kalender dan tagihan kartu kredit Anda, sebab cara Anda menghabiskan waktu dan uang Anda memperlihatkan kepada orang lain apa yang paling Anda sukai.

Matius 6: 19-21 mengatakan, "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya." Di mana pun Anda menginginkan hati Anda berada, investasikan uang Anda ke dalamnya, dan Anda akan tertarik masuk ke dalamnya. 

Uang menunjukkan apa yang paling Anda percayai.

Apakah Anda mempercayakan uang Anda untuk menjamin keamanan Anda, atau apakah Anda mempercayakannya kepada Tuhan? Apakah Anda percaya kepada kebahagiaan Anda, atau apakah Anda mempercayakan Tuhan buat kebahagiaan Anda? Apakah Anda mempercayakan uang Anda untuk membuat Anda merasa baik dengan diri Anda sendiri, atau apakah Anda mempercayakan Tuhan untuk membuat Anda merasa baik dengan diri sendiri? Uang adalah ujian atas iman Anda yang paling ampuh.

Alkitab berkata dalam Amsal 11:28, "Siapa mempercayakan diri kepada kekayaannya akan jatuh; tetapi orang benar akan tumbuh seperti daun muda."

Uang menunjukkan bahwa Tuhan bisa mempercayakan Anda.

Uang bukan hanya menunjukkan bahwa Anda percaya kepada Tuhan atau tidak, tapi itu juga menunjukkan jika Tuhan bisa mempercayai Anda. Lukas 16: 10-12 mengatakan, "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?"

Begitu Anda memahami bahwa ada kaitan antara pengelolaan uang dengan berkat Tuhan, maka Anda akan termotivasi untuk memperbaiki keuangan Anda, sehingga Tuhan akan memberkati Anda dengan kekuatan spiritual-Nya. 

Renungkan hal ini: 
- Apa yang menjadi kehendak hati Anda? Apakah cara Anda menghabiskan uang Anda mendukung jawaban Anda tersebut?
- Apabila Anda kehilangan pekerjaan Anda hari ini, apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda percaya bahwa Tuhan akan memenuhi apa yang Anda butuhkan?
- Apakah cara Anda mengatur berkat kekayaan yang dari Tuhan memperlihatkan kedalaman iman Anda kepada-Nya?



Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 43-45; Matius 12:24-50


Cara Anda mengelola uang menentukan seberapa besar Tuhan bisa memberkati hidup Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top