Tetap Sehat adalah Sebuah Tindakan Ibadah

| Selasa, Februari 12, 2019 | ,

Roma 12: 1 "Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati."

Jika Anda ingin sebuah perubahan terjadi di area mana pun dalam hidup Anda — baik dalam finansial, keahlian, pendidikan, mental, atau hubungan dengan orang lain — Anda harus mulai dengan fisik Anda.

Mengapa? Karena tubuh Anda mempengaruhi perilaku Anda. Otot-otot Anda mempengaruhi suasana hati dan motivasi Anda. Fisik Anda bisa mempengaruhi psikologi Anda.

Roma 12: 1 mengatakan, "Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati."

Namun, masalah yang kerap terjadi dengan mempersembahkan diri kita sebagai persembahan kudus ialah kita kerap melenceng. Kita mempersembahkan diri kita kepada Tuhan, tapi kemudian kita menarik diri kita kembali. Mempersembahkan diri sebagai persembahan kudus bukanlah untuk satu dua kali. Anda harus melakukannya empat, lima, atau bahkan 10 kali sehari!

Jadi, apa yang dimaksud dengan "persembahan yang hidup dan yang kudus" Anda? Berikut ini tiga hal yang dapat Anda lakukan dengan tubuh Anda yang menurut Alkitab adalah sebuah tindakan ibadah:

Sucikan tubuh Anda. Alkitab berkata dalam 2 Korintus 7: 1, "Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah." Sucikan tubuh Anda dengan mengendalikan apa yang Anda izinkan masuk ke dalam pikiran Anda melalui apa yang Anda tonton dan dengarkan, serta apa yang masuk ke dalam tubuh Anda melalui apa yang Anda makan dan minum.

Rawat tubuh Anda. Efesus 5:29 mengatakan, "Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat," Menjaga tubuh Anda tetap sehat merupakan sebuah tindakan ibadah.

Sebab itu, kendalikan tubuh Anda. "Supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan," (1 Tesalonika 4: 4). Kendalikan tubuh Anda sehingga itu tidak mengendalikan Anda. Tak ada alasan untuk berkata, "Tapi, saya tidak bisa menahan diri saya sendiri!"


Renungkan hal ini:
- Apa saja cara-cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk memuliakan Tuhan melalui tubuh Anda hari ini?
- Apa saja cara-cara sederhana yang Anda bisa lakukan untuk mengendalikan tubuh Anda? Apa saja cara-cara yang besar?
- Bagaimana Kristus "memberi makan dan merawat jemaat"? Menurut Anda mengapa Allah ingin Anda melakukan hal yang sama dengan tubuh Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 13; Matius 26:26-50


Apa pun perubahan yang ingin Anda buat dalam hidup Anda, itu akan membutuhkan usaha dan tenaga. Untuk memiliki energi untuk memenuhi tujuan Anda, perubahan harus dimulai dari tubuh Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top