Prioritas Utama Gereja Mula-Mula

| Senin, Mei 06, 2013 |
Kisah Para Rasul 2:42 "Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa."

Lukas bisa saja menulis banyak hal yang menarik perhatian kita mengenai gereja mula-mula, sebagaimana ia mencatatnya dalam kitab Kisah Para Rasul walaupun kita tahu dalam Alkitab bahwa gereja ini ialah gereja yang bersemangat, penuh sukacita, dan berkembang pesat.
Tetapi Lukas menjelaskan satu hal yang mengingatkan kita bahwa orang-orang Kristen pada abad pertama mempelajari Alkitab bersama-sama.

Bisa saja orang-orang percaya di abad pertama ini mengingat kembali kesukaan besar pada hari Pentakosta, dan berkata, "Mengapa setiap pelayanan tidak bisa sama seperti di hari Pentakosta dulu? Ingatkah ketika Roh Kudus turun atas kita dan kita dihinggapi lidah-lidah api? Ingatkah segala jenis bahasa yang kita ucapkan?"
Pentakosta bagaikan ledakan yang menyalakan mesin.
Dan ketimbang mengenang hari Pentakosta yang pertama, gereja mula-mula ini memilih untuk bersukacita di dalam Firman Tuhan.

Namun pada kenyataannya, tren yang berkembang di gereja pada saat ini malah mengabaikan studi Alkitab.
Beberapa pendeta akan berkhotbah hal-hal seperti, "Pertanyaan-pertanyaan adalah jawaban- jawaban baru. Kita tidak perlu mengadakan khotbah. Mari kita berdiskusi. Mari kita membicarakan film terbaru atau berbagi kekhawatiran dan pergumulan kita. Lagipula, terdengar arogan jika kita berkata tahu apa yang Allah ajarkan karena Allah terlalu besar untuk kita pahami, dan kebenaran-Nya terlalu misterius bagi kita untuk ketahui dengan pasti."

Tren lain yang berkembang ialah mengesampingkan Firman Allah.
Satu gereja ada yang mengawali kebaktiannya dengan memutarkan video, drama, klip film, kesaksian, atau bahkan, kadang dengan tari- tarian mereka sendiri.
Kemudian, sisanya mereka mungkin akan mendengarkan sedikit khotbah atau wejangan singkat dari sang pendeta.
Masalah yang muncul dari tren gereja semacam ini ialah khotbah yang singkat menghasilkan orang Kristen yang hanya sesaat.

Ibrani 4:12 mengatakan, "Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun..."
____________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
1 Raja-raja 21-22; Lukas 23:26-56
____________________________________

Gereja mula-mula mengasihi, bersukacita, dan mempelajari Firman Allah. Dan begitupun kita seharusnya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotion by Greg Laurie)
____________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top