Kekuatan Dari Hidup Yang Fokus

| Rabu, April 19, 2017 |
Amsal 21: 5 "Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan."

Jika Anda ingin Tuhan memakai Anda dengan luar biasa, maka Anda harus fokus. Semakin Anda fokus, maka akan semakin berbuah hidup Anda- dan semakin Tuhan akan menggunakan Anda.

Ada kekuatan luar biasa dari kehidupan yang terfokus. Lampu yang cahayanya terpancar ke segala arah tidak akan memberikan banyak pengaruh pada objek yang disentuhnya. Tetapi ketika Anda memfokuskan cahayanya - seperti dengan menggunakan kaca pembesar untuk memusatkan sinar matahari - maka Anda bisa membakar selembar kertas atau bahkan rumput. Jika Anda bisa memfokuskan sinarnya lebih lagi, maka itu akan menjadi seperti laser. Laser dapat memotong baja dan bahkan menghancurkan sel-sel kanker.

Hal ini sama halnya dengan kehidupan Anda. Apabila Anda berjalan tanpa arah, maka kehidupan Anda hanya akan berlalu begitu saja tanpa memberi dampak yang besar. Tetapi jika Anda memusatkan tahun Anda pada beberapa tujuan penting, maka Anda bisa membuat dampak yang kuat pada dunia ini untuk memuliakan Allah.

Alkitab mengatakan. "Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan" (Amsal 21: 5).

Salah satu contoh bagus dalam Alkitab yaitu kisah dalam Kejadian 24. Pada saat itu, Abraham sudah lanjut usia, namun anaknya yang laki-laki belum menikah. Allah telah berjanji kepada Abraham bahwa Ia akan membuat sebuah bangsa yang besar melalui Abraham dan keturunannya- dan memang benar Allah telah menepatinya. Tetapi anak Abraham, Ishak, saat itu belum juga memberi dia keturunan. Ishak bahkan belum menikah. Maka, Abraham menyuruh hambanya, Eliezer, untuk mencarikan seorang calon istri bagi anaknya itu. Abraham berkata kepada hambanya, "Jangan mencarikan calon istri dari perempuan-perempuan Kanaan yang tinggal di sekitar sini. Pulanglah ke kampung halamanku, ke tanah sanak saudaraku, dan carilah seorang calon istri untuk anak lelakiku Ishak."

Sama seperti semua tujuan yang baik, Eliezer tahu apa yang diperintahkan padanya. Dia tahu dia harus mencarikan Ishak seorang istri, dan ia tahu persis kriteria istri yang harus ia cari. Dia harus menemukan seorang perempuan dari tanah nenek moyang Abraham. Anda tidak akan pernah mencapai gol Anda yang tak jelas karena Anda tak akan pernah tahu apakah Anda telah berhasil meraihnya atau belum. Namun, Eliezer tak seperti itu, ia tahu jelas misi yang harus ia laksanakan.

Misalnya, jika tujuan Anda tahun ini yaitu untuk menjadi orangtua yang lebih baik, bisa dikatakan tujuan Anda itu tidak jelas. Bahkan, jika gol Anda ialah untuk meluangkan lebih banyak waktu dengan anak-anak Anda di tahun ini, maka Anda tidak akan pernah benar-benar tahu apabila Anda telah berhasil mencapainya atau belum.

Tetapi, jika Anda berkomitmen untuk menghabiskan satu jam setiap hari Selasa malam dengan anak-anak Anda, itu baru yang disebut dengan gol yang spesifik. Anda akan tahu apakah Anda telah sukses mewujudkannya atau belum. Tujuan-tujuan yang seperti itu dapat mengubah hidup Anda.

Jadi, apa tujuan spesifik yang akan Anda berikan untuk diri Anda sendiri di tahun ini?


Renungkan hal ini:

Apakah tujuan-tujuan yang spesifik yang dapat menguatkan Anda untuk melaksanakannya? Dalam hal apa?

Tujuan-tujuan spesifik apa yang ingin Anda atur untuk diri Anda sendiri di tahun ini?

Dengan siapa Anda dapat berbagi tujuan-tujuan Anda tersebut di tahun ini yang bisa mendorong dan membimbing Anda? 


Bacaan Alkitab Setahun :
2 Samuel 6-8; Lukas 15:1-10


Tuhan tahu persis rencana terbaik untuk hidup Anda. Percayalah pada rencana Tuhan dan fokus mengerjakan apa yang dipercayakan pada Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top