Isi Pikiran Anda dengan Kebenaran Firman

| Selasa, September 25, 2018 |
Amsal 15:14 "Hati orang berpengertian mencari pengetahuan, tetapi mulut orang bebal sibuk dengan kebodohan."

Jika Anda ingin menjadi bijak, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merayakan Firman Tuhan setiap hari.
Amsal 2: 6 mengatakan, "Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian."
Anda tidak akan menemukannya dari televisi. Anda tidak akan menemukannya dari internet. Anda tidak akan menemukannya dari majalah. Hikmat berasal dari Tuhan.

Alkitab mengatakan dalam Amsal 15:14, "Hati orang berpengertian mencari pengetahuan, tetapi mulut orang bebal sibuk dengan kebodohan." Anda dapat memberi makan pikiran Anda dengan kebenaran, atau sampah. Apa pun yang Anda isi ke dalam kepala Anda, itulah yang akan keluar — sampah masuk, sampah keluar. Apabila Anda ingin menjadi orang yang bijaksana, setiap hari Anda harus memberi makan diri Anda dengan kebenaran, bukan dengan sampah.

Ada tiga jenis hal yang dapat Anda isi ke dalam pikiran Anda: Anda dapat mengisinya dengan racun, Anda dapat mengisinya dengan makanan sampah (junk food), atau sebaliknya, Anda dapat mengisi pikiran Anda dengan makanan kesehatan.

Racun adalah hal-hal yang menghancurkan sistem Anda. Itu jahat. Itu menjatuhkan Anda. Pornografi adalah racun. Mereka mungkin berkata, "Saya boleh menontonnya. Itu tidak jadi masalah buat saya lagi." Nah, itu masalahnya! Ketika Anda menonton dan membaca hal-hal yang tidak senonoh, yang menghujat, yang jahat, yang keji, dan yang kasar, dan hal itu tidak lagi jadi masalah buat Anda, artinya Anda sedang punya masalah. Anda sudah menjadi orang yang bodoh. 

Orang yang bijak dan berhikmat melindungi pikiran mereka. Mereka mengenakan helm keselamatan. Mereka tidak begitu saja membiarkan sesuatu masuk ke dalam pikiran mereka. Mereka membuang racun. 

Makanan sampah (junk food) itu tidak baik, tidak juga buruk. Makanan ini hanya tidak memiliki nilai gizi. Kebanyakan hal yang Anda lihat di TV itu tidak buruk; itu hanya makanan sampah. Ini yang saya sebut isian. Masalah yang timbul adalah ketika Anda mengisi diri Anda dengan isian, Anda tidak lagi lapar akan kebenaran. Contohnya, jika Anda menonton TV selama empat jam, maka pikiran Anda hanya dipenuhi dengan kalori kosong yang tidak memberi nutrisi untuk tubuh atau pikiran Anda.

Makanan kesehatan adalah makanan bergizi. Ini membantu Anda untuk tumbuh dan memelihara kesehatan Anda. Ini makanan kebenaran, dan orang bijak memberi makan pikiran mereka dengan kebenaran. Itulah yang membuat Anda lebih bijak — dalam hubungan Anda, waktu Anda, uang Anda, bisnis Anda, pola asuh Anda, pernikahan Anda, dan bidang-bidang lainnya dalam hidup Anda.

Tempat pertama yang harus Anda tuju untuk mengisi pikiran Anda dengan kebenaran ialah Firman Tuhan. Semakin Anda membangun kebiasaan menghabiskan waktu setiap hari dengan membaca dan mempelajari Alkitab, maka akan semakin bijak Anda. 

Renungkan hal ini:
- Jenis makanan sampah apa yang Anda izinkan masuk ke dalam pikiran Anda?
- Apa perbedaan yang Anda lihat di dalam keseharian Anda ketika Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton TV dan internet, ketimbang di dalam Firman Tuhan?
- Cara praktis apa yang dapat Anda lakukan hari ini yang akan membantu Anda menjadikan waktu teduh Anda dengan Tuhan sebagai sebuah prioritas?



Bacaan Alkitab Setahun :
Kidung Agung 4-6; Galatia 6


Firman Tuhan adalah pelita dan terang bagi perjalanan hidup kita. Dengan mengisi selalu pikiran kita dengan Firman Tuhan artinya kita dapat melihat lebih luas jalan mana yang harus kita tempuh.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top