Filipus Yang Praktis

| Jumat, Juni 08, 2012 |
Yohanes 1:43 "Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: 'Ikutlah Aku!'"
__________________________________________

Hal menarik tentang Filipus, salah satu dari murid Yesus, adalah dia diajak oleh Yesus secara langsung.
Filipus membawa Natanael kepada Yesus, dan Andreas membawa Petrus kepada-Nya.

Namun berbeda dengan Filipus, dimana Yesus sendiri yang datang mengajaknya turut serta. Kitab Yohanes mengatakan, "Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: 'Ikutlah Aku!'" (Yohanes 1:43). Biasanya Tuhan mencari manusia melalui manusia lain, namun ini merupakan pengecualian.

Kita tidak banyak mengetahui tentang Filipus.
Kitab Matius, Markus, dan Lukas tidak menjelaskan secara detail tentangnya.
Semua gambaran tentang Filipus muncul dalam kitab Yohanes.
Tetapi melalui kitab tersebut, kita mengetahui jika dia adalah orang yang sangat berbeda dari Petrus, Andreas, Yakobus, atau Yohanes.
Dia sering disamakan dengan Natanael (juga dikenal sebagai Bartolomeus), orang yang dia bawa kepada Yesus.

Begitupun yang tertulis dalam kitab Yohanes tentang 'Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang', dikatakan bahwa Filipus adalah orang yang sepertinya bertugas dalam pengadaan bahan makanan, yaitu sang manajer pelaksana.
Dia orang yang praktis dimana berpikir langsung kepada inti permasalahan.

Dalam kisah diatas, ketika orang banyak berkumpul untuk menemui-Nya, Yesus mencoba untuk menguji iman Filipus dengan bertanya, "Dimanakah kita akan membeli roti, supaya mereka ini dapat makan?" (Yohanes 6:5).
Filipus menjawab,"Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja." (Yohanes 6:7)

Filipus ternyata tidak melalui tes itu dengan baik.
Memang dari semua murid Yesus, dia bukanlah murid yang dengan keimanan yang paling tinggi, tetapi dia merupakan pengikut Yesus yang dipakai oleh-Nya.

Berdasarkan sejarah gereja, Filipus mengabdikan dirinya untuk Kristus.
Dan di akhir hidupnya, dia dilempari dengan batu hingga mati setelah mengenalkan banyak orang kepada Kristus melalui Alkitab.
__________________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
2 Tawarikh 30-31;Yohanes 18:1-18
__________________________________________

Banyak di sekitar kita orang-orang yang rela mati demi memperkenalkan Kristus terdengar sampai ke ujung bumi. Tugas kita adalah mendukung mereka, karena Injil memang harus diberitakan sampai kesudahan jaman.
(Diterjemahkan dari Daily Devotion by Greg Laurie)
__________________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top