Gunakan Otot Daya Ingat Anda

| Sabtu, April 12, 2014 |

Kolose 3:16 "Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu."

Salah satu cara untuk tinggal di dalam Firman Tuhan adalah dengan mengingatnya.
Kemampuan untuk mengingat adalah karunia yang diberikan Tuhan.
Anda mungkin berpikir jika daya ingat Anda buruk, tetapi kenyataannya adalah, Anda mampu mengingat dan menghafal jutaan ide, kebenaran, fakta, dan angka.
Anda mampu mengingat apa yang penting buat Anda.
Jadi, jika Firman Tuhan itu penting dalam hidup Anda, Anda akan meluangkan waktu untuk menghafalkannya.

Ada banyak manfaat dari menghafal ayat-ayat Alkitab.
Ia akan membantu Anda melawan godaan, membuat keputusan yang bijak, mengurangi stres, membangun kepercayaan diri, memberikan nasihat yang baik, dan berbagi iman Anda dengan orang lain.

Daya ingat itu seperti otot, semakin Anda menggunakannya, semakin ia kuat.
Dan daya ingat yang kuat membuat menghafal ayat-ayat Alkitab menjadi lebih mudah.
Anda bisa mulai dengan memilih beberapa ayat Alkitab yang menyentuh Anda, lalu tuliskan pada selembar kartu kecil yang bisa Anda bawa kemana-mana.
Kemudian renungkan ayat-ayat tadi sepanjang hari.

Anda dapat menghafal ayat-ayat Alkitab di mana saja dan kapan saja: saat bekerja, berolahraga, mengemudi, menunggu, atau sebelum tidur.
Tiga kunci untuk menghafalkannya ialah dengan mengulang, mengulang, dan mengulang!

"Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu" (Kolose 3:16).

Renungkan hal ini:

- Perubahan apa yang akan terjadi pada hidup Anda, jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk aplikasi Alkitab, ketimbang untuk Facebook atau aplikasi media sosial lainnya?

- Mintalah bantuan seorang teman untuk menjadi partner dalam menghafal Alkitab. Lalu, berbagilah dengan satu sama lain apa yang sedang Anda pelajari dari Firman Allah.

Salah satu cara untuk tinggal di dalam Firman Tuhan adalah dengan mengingatnya, menghafal dan kemudian mempraktekkan firman tersebut dengan karunia yang diberikan oleh Tuhan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top