Pemikiran Jangka Pendek Menghalangi Anda untuk Melihat dengan Jelas

| Sabtu, Juni 10, 2017 |

Markus 8: 16-17 "Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: "Itu dikatakan-Nya karena kita tidak mempunyai roti." Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: "Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Belum jugakah kamu faham dan mengerti? Telah degilkah hatimu?"

Kita melewatkan apa yang Tuhan lakukan dalam hidup kita jika saat ini kita masih fokus pada ini itu dan bukan pada apa yang Tuhan ingin lakukan dalam hidup kita untuk jangka panjang. Ketika kita memikirkan tentang kenyamanan ketimbang karakter, ketika kita memikirkan tentang kebahagiaan ketimbang kekudusan kita, ketika kita memikirkan tentang menikmati hidup untuk saat ini ketimbang mempersiapkan diri untuk Surga, kita terjebak dalam pemikiran jangka pendek, dan itu mencegah kita untuk melihat hidup ini dengan jelas.

Inilah yang terjadi dengan para murid. Yesus mencoba mengajarkan mereka tentang kesombongan dengan menggunakan ragi sebagai perumpamaan. Alkitab mengatakan dalam Markus 8: 16-17, "Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: "Itu dikatakan-Nya karena kita tidak mempunyai roti." Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: "Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Belum jugakah kamu faham dan mengerti? Telah degilkah hatimu?" Yesus sedang mencoba mengajarkan para murid tentang kehidupan, tapi para murid malah mengira Ia sedang membicarakan tentang makan siang! Yesus sedang berbicara tentang betapa kita amat memerlukan kedewasaan, tapi mereka malah membicarakan tentang makanan yang akan mereka santap setelah itu. Itu sungguh pemikiran jangka pendek.

Pemikiran jangka pendek mencegah kita untuk melihat bagaimana Tuhan sedang bekerja di dalam hidup kita. Inilah salah satu kelemahan terbesar dalam budaya kita. Di zaman ini, sulit bagi kita untuk memiliki pemikiran jangka panjang, sebab segala sesuatu yang ada di masyarakat kita mengajarkan kita untuk melakukan hal yang sebaliknya. Kita merampas masa depan kita hanya karena kita ingin menikmati hari ini. Kita tengah menimbun hutang-hutang yang belum lunas sampai kepada generasi mendatang hanya supaya kita bisa melakukan apa yang ingin kita lakukan sekarang.

Anda tidak bisa melihat rencana jangka panjang Tuhan dalam membentuk karakter Anda apabila di saat yang sama Anda hanya memikirkan tentang kenyamanan Anda sendiri. Mintalah Tuhan untuk memberi Anda sekilas gambaran Surga dan untuk membantu Anda melihat pengharapan yang bisa kita dapatkan saat kita melihat rencana jangka panjang-Nya. .

Renungkan hal ini:
Cara-cara mudah apa yang bisa terus Anda lakukan untuk memiliki pola pemikiran jangka panjang dan yang kekal sepanjang hari?
Seperti apa pemikiran jangka panjang Anda untuk keluarga Anda? Untuk karir Anda? Dan jalan spiritual Anda?
Di mana Anda melihat Tuhan bekerja dalam hidup Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
2 Tawarikh 32-33; Yohanes 18:19-40


Kapan pun Anda berpikiran jangka pendek, Anda tidak bisa melihat apa yang Tuhan tengah lakukan dalam hidup Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top