Dalam Masa Penundaan, Ingatlah Kesetiaan Tuhan

| Jumat, November 17, 2017 |
Mazmur 103: 2 "Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!"

Saat mimpi kita tertunda, itu membuat kita melupakan banyak hal. Kita cenderung melupakan impian kita. Kita melupakan apa yang sudah Tuhan lakukan dalam hidup kita serta kebaikan-Nya kepada kita dahulu. Kita lupa bahwa Tuhan ada beserta kita. Kita lupa dengan kuasa Tuhan.

Orang-orang Israel melakukan kesalahan yang sama di padang gurun: "Nenek moyang kami di Mesir tidak mengerti perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib, tidak ingat besarnya kasih setia-Mu, tetapi mereka memberontak terhadap Yang Mahatinggi di tepi Laut Teberau. Namun diselamatkan-Nya mereka oleh karena nama-Nya, untuk memperkenalkan keperkasaan-Nya. Tetapi segera mereka melupakan perbuatan-perbuatan-Nya, dan tidak menantikan nasihat-Nya;" (Mazmur 106: 7b-8, 13).

Sulit dipercaya betapa singkat ingatan mereka! Allah mengirimkan 10 tulah kepada bangsa Mesir hanya untuk menyelamatkan umat-Nya, namun bangsa Israel melupakannya begitu saja beberapa hari kemudian saat mereka berada di Laut Merah. Mereka berseru, "Kita semua akan mati!" Mereka semua lupa dengan apa yang sudah Tuhan lakukan buat mereka. Kemudian Tuhan melakukan mujizat dan membelah Laut Merah agar mereka selamat dari kejaran tentara Mesir. Mereka dengan selamat sampai ke sebrang laut itu, tapi dengan sekejap mereka melupakan mujizat itu dan berseru, "Kita akan mati kehausan!" Lalu Tuhan dengan kuasa-Nya menyediakan air. Tapi orang-orang Israel langsung melupakannya dan mengeluh, "Kita akan mati karena kita tidak punya makanan!" Mereka selalu saja lupa.

Tapi kita jangan terlalu cepat menilai mereka, karena kita juga melakukan hal yang sama persis. Ketika terjadi penundaan dalam hidup kita, kita mulai bertingkah seolah-olah Tuhan tidak pernah melakukan apapun untuk kita. Apakah Tuhan telah melakukan sesuatu untuk Anda sebelumnya? Tentu saja. Dan Anda bisa mengandalkan Dia untuk melakukannya lagi, esok hari, lusa, dan selama-lamanya.

Ketimbang melupakan Tuhan, sebaiknya Anda mengingat janji-janji-Nya. Ada lebih dari 7.000 janji Tuhan di dalam Alkitab. Kapan pun Anda memiliki masalah, temukan janji seperti dalam 2 Timotius 2:13 "Jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya." Janji-janji-Nya selalu lebih besar daripada masalah yang kita hadapi!

Tuhan mungkin telah memenuhi janji-Nya dalam hidup Anda sebab Dia sedang menunggu Anda. Dia tengah menunggu Anda untuk belajar untuk tidak takut, tidak resah, tidak lupa. Dia ingin Anda belajar hal itu sebelum Dia membantu Anda.

Tuhan bisa saja segera melakukan sesuatu, tapi Dia bekerja untuk tujuan yang lebih besar.

Renungkan hal ini :
Apa yang telah Tuhan lakukan untuk Anda yang membuktikan kesetiaan-Nya?
Apa yang telah memurnikan Anda selama masa penundaan Anda?
Sikap apa yang dapat Anda ubah saat Anda menunggu waktu Tuhan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Daniel 10-12; Ibrani 2:1-4


Penundaan yang terjadi dalam hidup Anda tidak mengacaukan rancangan Tuhan, melainkan hal itu terjadi untuk mewujudkan tujuan Tuhan dalam hidup Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top