Pilih untuk Percaya pada Tuhan di Tahun 2018

| Kamis, Februari 01, 2018 |
Ibrani 11: 7 "Karena iman, maka Nuh--dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan--dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya."

Iman adalah taat meskipun Anda tidak memahaminya. Di dalam Perjanjian Baru saja, ada 1.050 perintah, dan semuanya adalah untuk keuntungan Anda. Tuhan mengajarkan, "Kasihilah musuhmu" dan "Ampunilah orang-orang yang menyakitimu." Itu tidak mudah! Ada banyak perintah dalam Alkitab yang rasanya sulit, tidak masuk akal, tidak realistis, tidak bisa dilaksanakan, bahkan yang mustahil. Tapi ketika Tuhan mengajarkan, "Jangan berzinah sebelum engkau menikah," maksud-Nya itu tidak jahat. Dia memerintahkannya sebab Ia tahu yang terbaik, dan tahu apa yang akan membuat Anda bahagia lebih dari pengertian Anda sendiri. 

Setiap kali Tuhan memerintahkan Anda melakukan suatu hal, ini merupakan ujian atas iman Anda. Pertanyaannya adalah: Apakah Anda percaya pada Tuhan, atau apakah Anda percaya pada pengertian Anda sendiri? Apakah Anda percaya pada Firman, atau apakah Anda percaya pada dunia?

Di awal tahun yang baru ini, ada pertanyaan-pertanyaan yang harus kita tanyakan pada diri kita sendiri. Bagaimana kita akan menjawabnya di tahun 2018? Akankah kita percaya pada Tuhan, atau akankah kita melakukan apa yang menurut kita benar meski kita tahu jalan mana yang Tuhan mau kita tempuh? Akankah kita percaya pada Firman Tuhan, atau akankah kita percaya pada apa yang dunia ini katakan? 

Ketika Anda kecil, apakah orangtua Anda pernah menyuruh melakukan sesuatu yang sepertinya tidak masuk akal? Saat Anda bertanya pada mereka, "Kenapa aku harus mengerjakannya?" Mereka akan berkata, "Karena ayah/ibu berkata begitu!"

Melihat kembali beberapa hal yang orangtua Anda suruh Anda kerjakan "karena mereka berkata begitu," apakah yang mereka lakukan itu benar? Ya, tentu saja. Jika direnungkan kembalI, Anda akan mengerti bahwa mereka adalah orangtua yang bijak. Demikian juga Tuhan, Dia akan mengatakan hal yang sama seumur hidup Anda, buka cuma waktu Anda masih kecil. Ketika Anda berusia 80 tahun, Tuhan tetap akan berkata, "Aku mau engkau melakukan ini." Dan ketika Anda bertanya, "Kenapa? Itu tidak masuk akal," Tuhan akan tetap menjawab," Karena Aku berkata begitu." 

Itu sebuah ujian. Bila Anda tidak belajar untuk patuh kepada Tuhan, maka Anda akan melewatkan begitu banyak berkat dalam kehidupan yang telah Dia persiapkan untuk Anda. 

Tetapi jika Anda belajar melaksanakan apa yang Tuhan perintahkan tanpa mempertanyakan, meski itu kelihatannya mustahil dan bertentangan dengan akal pikiran Anda, maka Anda akan bertumbuh di dalam iman dan Anda akan diberkati.

Mari kita merespon perintah-Nya dengan iman sebagai fokus kita di Tahun Baru ini!
Renungkan hal ini: 
- Apa sesuatu yang telah Tuhan minta untuk Anda lakukan, tapi Anda tak percaya itu mungkin dilakukan? 
- Menurut Anda mengapa Tuhan menyuruh kita melakukan hal-hal yang mustahil dengan kekuatan kita sendiri?
- Langkah iman apa yang bisa Anda ambil di tahun ini dengan ketaatan kepada Tuhan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 25,26; Matius 20:17-34


Pilih untuk Percaya pada Tuhan di Tahun 2018
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top