Tuhan Menggunakan Talenta Kita untuk Menguji Keegoisan Kita

| Selasa, Mei 08, 2018 |
1 Petrus 4:10 "Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah."

Tuhan menggunakan talenta kita untuk menguji keegoisan kita. Anda harus memutuskan untuk siapa atau seperti apa kehidupan yang akan Anda jalani. Anda harus memutuskan apakah akan menjalani kehidupan yang egois atau yang kikir, atau Anda akan hidup untuk sesuatu yang lebih besar dari diri Anda sendiri - Kerajaan Allah.

Orang yang setia tidak hidup untuk diri mereka sendiri. Mereka tahu bahwa talenta yang diberikan Tuhan bukan untuk kepentingan mereka sendiri, melainkan untuk menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.

Ketika Tuhan menciptakan Anda, Dia memberi Anda berbagai macam karunia, bakat, serta kemampuan. Kita menyebutnya SHAPE Anda: Spiritual gifts (Karunia roh), Heart (Hati), Abilities (Kemampuan), Personality (Kepribadian), and Experiences (Pengalaman). Kelima hal ini membuat Anda menjadi Anda yang seutuhnya. Dan Allah membentuk Anda untuk menjadi diri Anda sendiri. Tak ada yang seperti Anda di seluruh dunia ini, dan Dia ingin Anda menjadi diri Anda untuk kemuliaan-Nya.

Allah membentuk Anda untuk melayani Dia, dan hanya ada satu cara untuk melakukannya: dengan melayani orang lain. 

Orang yang setia menyadari bahwa bakat mereka bukan untuk keuntungan mereka. Anda mungkin memiliki bakat seni dan Anda mungkin berkata "karena saya senang melakukannya." Itu alasan yang benar, tetapi itu bukan alasan yang cukup baik. Tuhan tidak memberi Anda kemampuan artistik hanya agar Anda senang melakukannya. Dia mengaruniakannya kepada Anda supaya Anda bisa memakainya dalam berbagai cara untuk membantu orang lain.

Beberapa orang memiliki kemampuan dalam memperbaiki sesuatu. Beberapa orang pandai matematika. Beberapa orang pandai bernegosiasi. Beberapa orang pandai musik. Beberapa orang pandai mengatur. Beberapa orang pandai memangkas dan berkebun.

Tuhan membuat kita semua berbeda-beda agar segala sesuatu di dunia ini bisa diselesaikan. Jika kita semua suka melakukan hal yang sama, maka akan ada banyak hal yang terbengkalai. 

Anda adalah pengelola atas talenta-talenta Anda, dan Tuhan sedang mengawasi, melihat apakah Anda menggunakan apa yang Dia berikan kepada Anda secara efektif di Bumi. Jika Anda menggunakan talenta itu secara efektif di Bumi, maka Dia akan memberi Anda lebih banyak tanggung jawab di Surga.

Pernahkah Anda berpikir mengapa Tuhan tidak menciptakan kita dan kemudian langsung membawa kita tinggal di Surga? Kenapa Dia menempatkan kita di sini, di planet yang sudah rusak selama 70 atau 80 tahun? Dia menempatkan Anda di sini sebab hidup di dunia ini adalah ujian atas kepercayaan dan tugas yang sifatnya sementara. Dia sedang mengawasi , melihat apakah Anda setia menggunakan apa yang telah Ia berikan kepada Anda di sini, di Bumi ini, untuk memberkati orang lain.

Alkitab mengatakan dalam 1 Petrus 4:10, "Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah."

Renungkan hal ini: 
- Bagaimana Anda menggunakan talenta Anda untuk melayani orang lain?
- Uji motivasi Anda dalam segala hal yang Anda kerjakan. Misalnya, apakah Anda melayani di suatu tempat untuk membantu orang lain dan memuliakan Tuhan, atau untuk mendapatkan perhatian dan kemuliaan bagi diri Anda sendiri?


Bacaan Alkitab Setahun :
2 Raja-raja 1-3; Lukas 24:1-35


Talenta Anda untuk melayani orang lain bukan untuk kebanggaan diri sendiri
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top