Ampunilah Sebab Tuhan Telah Lebih Dulj Mengampuni Anda

| Jumat, Juli 13, 2018 |
Efesus 4:32 "Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu."

Kita semua akan terluka dalam hidup ini. Seringkali kita akan tersakiti secara sengaja oleh apa yang orang katakan atau yang mereka lakukan kepada kita. Sebenarnya, setiap kali kita membaca kata "pengampunan," kita akan langsung ingat dengan sakit hati, luka, dan masalah di masa lalu kita. Memori itu masih segar di ingatan kita, sebab kita pasti pernah terluka begitu dalam.

Karena betapa dalamnya kita telah terluka, sulit untuk mengambil keputusan untuk memaafkan mereka yang telah menyakiti kita. Namun Alkitab memberi kita satu alasan yang amat penting mengapa kita harus mengampuni.

Kita mengampuni orang lain karena Allah telah lebih dulu mengampuni kita.

Alkitab berkata dalam Efesus 4:32, "Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu." Jika Anda merenungkan betapa besarnya kasih pengampunan Allah untuk Anda, maka itu akan membuat Anda lebih mudah memaafkan orang-orang yang telah melukai Anda.

Kebalikannya juga benar. Berpikirlah seperti ini: Allah telah sepenuhnya menghapus dosa Anda, karena apa yang telah Yesus Kristus lakukan di kayu salib. Semua hukuman yang seharusnya Anda dapatkan telah dipikul oleh Yesus dan itulah yang membuat Allah mengampuni Anda. Jika Anda terus menyimpan kebenaran ini di dalam diri Anda, maka Anda akan merasa semakin sulit untuk menyimpan dendam terhadap orang lain.

Ingatlah hal ini: Apapun yang telah dilakukan seseorang kepada Anda, Anda tidak akan pernah harus mengampuni orang lain sebesar Allah telah mengampuni Anda.

Renungkan hal ini:
- Ketika Anda memikirkan tentang pengampunan, siapa yang terlintas dalam pikiran Anda? Jika itu adalah seseorang yang perlu Anda maafkan, lalu apa yang akan Anda lakukan sekarang?
- Tindakan nyata apa yang dapat Anda ambil untuk menunjukkan pengampunan Anda kepada seseorang yang telah menyakiti Anda di masa lalu?
- Bagaimana Anda dapat mengucapkan rasa syukur Anda kepada Tuhan hari ini atas pengampunan-Nya?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 7-9; Kisah Para Rasul 18


Jika Anda tidak merasa diampuni, maka Anda akan kesulitan mengampuni orang lain, juga. Jika biasanya Anda kesulitan memaafkan orang lain, maka Anda mungkin tidak benar-benar merasa diampuni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top