Keluarga Tuhan Membantu Anda untuk Tumbuh sebagai Murid

| Minggu, Oktober 07, 2018 |
Efesus 4:16 "Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih."

Tuhan tidak ingin Anda selamanya menjadi bayi rohani. Dia berkata, "Bertumbuhlah! Aku tak ingin engkau menjadi bayi rohani sepanjang hidupmu. Aku ingin engkau menjadi seperti Kristus. Aku ingin engkau bertumbuh dewasa."

Tetapi ini susahnya: Anda tak bisa melakukannya seorang diri. Bayi tidak bisa tumbuh dengan sendirinya. Mereka butuh sebuah keluarga. Begitu pula Anda yang membutuhkan seseorang untuk membantu Anda menjadi dewasa di dalam iman.

Alkitab mengatakan, "Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih"(Efesus 4:16).

Tugas saya sebagai seorang pendeta ialah memastikan bahwa orang-orang di gereja saya bertumbuh. Itulah tugas semua pendeta, pemimpin agama, guru Injil, dan pemimpin kelompok kecil. Bahkan Alkitab mengatakan ini: "Untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus," (Efesus 4: 12-13). Di Gereja Saddleback, kami selalu memikirkan tentang hal ini, "Bagaimana kami bisa membantu mereka tumbuh, ya, Tuhan?"

Alkitab punya satu kata untuk pertumbuhan ini, yaitu pemuridan. Pemuridan merupakan proses pertumbuhan dari bayi rohani menjadi orang dewasa rohani. Itu artinya Anda semakin dewasa dalam iman Anda. Anda semakin kuat. Otot-otot iman Anda mulai muncul. 

Lalu bagaimana caranya bertumbuh sebagai murid?

Alkitab memberi tahu kita dalam Kisah Para Rasul 2 tentang bagaimana murid-murid bertumbuh di gereja mula-mula: "Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,"(Kisah Para Rasul 2: 41-42, 46).

Pertama, Anda percaya. Kemudian, Anda dibaptis. Dan penting pula bagi Anda untuk memiliki sebuah keluarga gereja dan berpartisipasi dalam ibadah bersama atau dalam persekutuan kecil. Belajarlah dari para pemimpin Anda di gereja. Belajarlah dari sesama jemaat. Berkomitmenlah untuk tumbuh dewasa secara rohani sebagai seorang murid dan sebagai anggota tubuh Kristus.

Renungkan hal ini:
- Apa yang masih menghambat Anda untuk terhubung dengan keluarga gereja?
- Bagaimana selama ini Anda tumbuh sebagai murid ketika Anda telah terhubung dengan tubuh Kristus?
- Menurut Anda mengapa Tuhan ingin orang lain turut ambil peran dalam pertumbuhan rohani Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 37-40; Filipi 3


Pertumbuhan dan kedewasaan rohani tidak diukur dari berapa lama Anda menjadi pengikut Kristus, bukan juga dari berapa usia Anda. Pertumbuhan Anda diukur dari seberapa dalam Anda mengenal dan mengerti pribadi Kristus secara pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top