Ubah Pemikiran Anda agar Stres Anda Berkurang

| Minggu, November 25, 2018 |
Filipi 4: 8 "Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu."

Anda tak dapat mengurangi stres dalam hidup Anda kecuali Anda mengubah cara pikir Anda. Stres bukan berasal dari luar tetapi dari dalam.

Pikiran Anda adalah karunia istimewa dari Tuhan. Pikiran Anda mampu menyimpan lebih dari 100 triliun ide. Pikiran Anda dapat menampung informasi yang jumlahnya luar biasa besar. Tuha memberi Anda kebebasan untuk memilih apa yang Anda pikirkan dari banyaknya informasi tersebut.

Alkitab berkata, "Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu" (Filipi 4 : 8).

Paulus mengingatkan kita bahwa kita bisa memilih apa yang kita pikirkan, dan dia mendorong kita untuk hanya memikirkan hal-hal yang benar. Apa yang kita masukkan ke dalam pikiran kita mempengaruhi cara hidup kita.

Tidak mengherankan kita menjadi stres ketika setiap saat kita mempertimbangkan apa yang kebanyakan orang pikirkan tentang kita. Banyak orang, bahkan orang Kristen, membiarkan segala sesuatunya masuk ke dalam pikiran mereka. Membaca buku yang menyedihkan dan menonton film yang menyedihkan akan memberi kita efek yang sama: kesedihan. 

Apa yang Anda kira mempengaruhi perasaan Anda; perasaan Anda mempengaruhi cara Anda bertindak. Maka, jagalah pikiran Anda. Jagalah pikiran Anda hanya untuk hal-hal yang benar.

Filipi 4: 8 mengajarkan kita untuk memperbaiki pikiran kita pada hal-hal yang baik tersebut. Maksud Paulus adalah bahwa kita perlu membuat pilihan yang matang. Ubah saluran-saluran di dalam pikiran kita. Hanya izinkan hal-hal yang sesuai dengan karakteristik yang dijelaskan dalam ayat itu masuk ke dalam pikiran Anda. 

Apa yang terjadi jika kita melakukannya?

Anda akan mendapatkan apa yang telah Allah janjikan dalam ayat sebelumnya: "Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus" (Filipi 4: 7).

Bukankah itu upah yang setimpal?

Renungkan hal ini:
- Konsep-konsep apa yang tidak sehat yang mudah sekali Anda serap dari bacaan atau tontonan yang Anda tonton?
- Bagaimana media yang Anda konsumsi memberi dampak pada tingkat stres dan suasana hati Anda?
- Apa beberapa ayat Firman Tuhan yang bisa Anda renungkan untuk menggantikan waktu yang Anda habiskan untuk mengonsumsi konten yang tidak bermanfaat atau yang tidak pantas?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 2:12-13 ; Ibrani 9


Hidup Anda sudah berada di tangan yang tepat, tangan Tuhan. Jangan khawatir atau stress, karena Dia yang akan menuntun Anda dan menangkap Anda saat Anda terjatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top