Jika Anda Ingin Berubah, Anda Harus Menghadapi Kebenaran

| Jumat, Januari 25, 2019 | ,
Jika Anda Ingin Berubah, Anda Harus Menghadapi Kebenaran

Efesus 4:21 "Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus"

Kunci perubahan pribadi bukanlah tekad kuat. Kuncinya adalah dengan mengetahui dan menghadapi kebenaran. Anda harus tahu dan menghadapi kebenaran tentang diri Anda, hubungan Anda, dan sifat dasar Anda sendiri.
Tidak ada yang akan berubah dalam hidup Anda sampai Anda mengetahui dan menghadapi kebenaran tentang kelemahan Anda, hubungan Anda, kesuksesan dan kegagalan Anda, dan masa lalu serta masa depan Anda.

Mengapa penting mempelajari kebenaran sebelum segalanya berubah dalam hidup Anda? Ini alasannya: Di balik setiap kebiasaan yang merusak dalam hidup Anda ada kebohongan yang Anda yakini. Jika Anda terlibat hutang, itu karena Anda percaya beberapa kebohongan seperti, "Tidak masalah saya menghabiskan uang saya" atau "Saya pasti bisa melunasi hutang saya." Anda mungkin salah menaksir berapa banyak harta Anda atau Anda mungkin percaya pada kebohongan bahwa Anda butuh rumah yang lebih besar.

Benarkah itu? Apakah Anda yakin itu sebuah kebenaran? Bisakah Anda membuktikan kebenarannya? Apakah Anda benar-benar yakin apa yang Anda yakini tentang keuangan Anda itu benar?
Bagaimana dengan hubungan Anda? Bagaimana dengan hal-hal yang Anda katakan pada diri Anda tentang diri Anda sendiri? Apakah cara pikir Anda tentang masa lalu Anda atau tentang suatu peristiwa adalah kebenaran, atau apakah kebenaran itu adalah kebenaran yang dari Tuhan?

Alkitab mengajarkan bahwa perubahan personal dimulai dengan kebenaran. Itulah kebenaran yang membebaskan Anda. Rasul Paulus berkata, "Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus," (Efesus 4:21). Siapakah kebenaran itu? Yesus, dan karena Yesus adalah kebenaran, Dia akan selalu memberi tahu Anda kebenaran. Firman-Nya adalah kebenaran. Alkitab adalah Firman-Nya, dan itu artinya Alkitab adalah kebenaran (2 Timotius 3: 16-17).

Apa yang Anda dengar di televisi tidak selalu membantu Anda karena itu tidak selalu benar. Dan apa yang Anda baca di buku tidak selalu benar. Tetapi apa yang Tuhan katakan kepada Anda akan selalu menjadi kebenaran. Firman Tuhan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya kembali ke kehidupan yang Tuhan ciptakan untuk Anda, dan itu juga menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya tetap berada di jalan Tuhan.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk memiliki waktu teduh di dalam Firman Tuhan: Perubahan memerlukan pembelajaran kebenaran. Tak ada yang akan berubah sampai Anda menerima kebenaran itu di dalam hati Anda. Selama Anda membangun hidup Anda di atas dasar kebohongan, kesalahpahaman, tipu muslihat, atau kebenaran, Anda tak akan pernah berubah. Namun ketika Anda menghadapi kebenaran dan merespons kebenaran, Anda akan mulai melihat perubahan dalam hidup Anda.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda tahu apakah sesuatu itu benar atau tidak? Apakah Alkitab menjawab pertanyaan ini untuk segala pertanyaan dalam hidup Anda?
- Dalam hal apa kehidupan Anda telah berubah karena Anda telah memilih untuk mempercayai Firman Tuhan, ketimbang kebohongan yang coba dikatakan seseorang atau yang dikatakan budaya ini kepada Anda?
- Pikirkan beberapa cara yang bisa membuat Anda lebih cerdas dengan apa yang Anda baca, dengarkan, dan tonton. Kemudian bagikan ide-ide itu dengan seorang teman yang bisa membantu membimbing iman Anda.



Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 12-13; Matius 16


Tidak ada yang berubah sampai Anda mengetahui dan menghadapi kebenaran yang ditemukan di dalam Yesus Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top