Tuhan Bekerja dalam Segala Sesuatu untuk Kebaikan Anda

| Sabtu, November 03, 2018 |
Roma 8:28 "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Tuhan adalah Tuhan yang baik dan Dia memiliki rancangan yang bagus untuk hidup Anda. Orang lain membuat rencana buruk untuk hidup Anda, dan Anda mungkin juga membuat rencana buruk untuk hidup Anda, namun Tuhan hanya memiliki rencana yang bagus untuk hidup Anda. 

Tidak semua hal dalam hidup Anda itu baik— Tuhan tidak menjanjikan hal tersebut. Dia tidak mengatakan bahwa semua yang terjadi dalam hidup Anda adalah baik adanya. Saudara, kita hidup di planet yang rusak. Tidak ada yang bekerja dengan sempurna di dunia ini. Tubuh Anda telah rusak. Dunia ini tidak selalu bekerja yang semestinya. Pikiran Anda telah rusak. Dunia ini tidak berpikir dengan cara yang benar. Cuaca ini telah rusak, ekonomi ini telah rusak, hubungan ini telah rusak. Tidak ada yang sempurna.

Tuhan tidak menjanjikan kita kesempurnaan. Kesempurnaan hanya ada di surga! Di surga, tidak ada kesedihan, duka, penyakit, atau penderitaan. Kita tidak boleh mengharapkan surga berada di Bumi, sebab Bumi ini telah dipenuhi dengan kehancuran. Namun meskipun di tengah-tengah semua kehancuran ini, Tuhan memiliki rencana yang bagus untuk hidup Anda. Dia lebih hebat dari pilihan-pilihan buruk Anda, dan Dia bisa memasukkan keputusan bodoh kita ke dalam rencana-Nya yang luar biasa. Sungguh Tuhan yang luar biasa! Dia dapat mengubah penyaliban menjadi kebangkitan.

Alkitab mengatakan dalam Roma 8:28, "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Ini bukan janji bagi semua orang di dunia. Tidak segala perkara bekerja untuk kebaikan bagi semua orang. Namun segalanya saling bekerja untuk kebaikan bagi mereka yang berkata, "Tuhan, aku memberikan hidupku kepada-Mu. Aku ingin memenuhi rancangan yang Engkau buat bagiku." Firman ini tidak mengatakan segala hal baik, namun segalanya saling bekerja bersama untuk kebaikan Anda — yang buruk dan bahkan yang pahit. 

Pernahkah Anda perhatikan bahwa ketika Anda membuat kue, masing-masing bahan makanannya tidak terasa enak? Tepung tidak enak rasanya. Telur mentah tidak enak rasanya. Vanila tidak enak rasanya. Tetapi jika Anda mencampur semuanya, Anda dapat membuat sebuah mahakarya yang lezat.

Ketika Anda membiarkan Tuhan menggunakan semua "bahan-bahan" bersama-sama, Tuhan dapat mengambil segala kepahitan, mencampurkannya ke dalam adonan, dan membuat Anda lebih baik. Mengapa? Sebab Dia adalah Tuhan yang baik.

Renungkan hal ini:
- Keputusan-keputusan buruk apa — keputusan yang telah Anda buat dan yang dibuat orang lain — apakah Anda merasa sulit percaya bahwa Allah dapat menggunakan hal-hal baik dalam hidup Anda?
- Bagaimana dengan mengetahui tujuan Anda dapat membantu Anda melihat bagaimana Allah dapat mengerjakan segala sesuatunya demi kebaikan Anda?
- Menurut Anda apa artinya menyerahkan hidup Anda sepenuhnya kepada Tuhan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yehezkiel 23 - 26; II Timotius 2: 14-26


Semakin banyak Anda berdoa, semakin baik Anda akan mengetahui tujuan Anda. Dan semakin baik Anda mengetahui tujuan Anda, semakin Tuhan dapat menggunakan segalanya dalam hidup Anda — bahkan hal-hal yang pahit dan rusak.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top