Setiap Musim Kehidupan Memiliki Tujuan

| Rabu, Oktober 30, 2019 |
Setiap Musim Kehidupan Memiliki Tujuan

Pengkhotbah 3:11 "Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir."

Hidup ini penuh dengan perbedaan. Kita melewati gunung, dan kita melewati lembah. Kita melewati kesuksesan, dan kita melewati kegagalan. Kita mengalami kemenangan, dan kita mengalami kekalahan.

Bumi ini memiliki empat musim. Namun di dalam hidup Anda, ada puluhan musim yang berbeda. Dan setiap musim kehidupan tersebut terdiri dari saat baik dan saat buruk.

Pengkhotbah 3: 1-8 memberi kita gambaran dari pengalaman hidup yang berbeda: "Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya. Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam; ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun; ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari; ada waktu untuk membuang batu, ada waktu untuk mengumpulkan batu; ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk; ada waktu untuk mencari, ada waktu untuk membiarkan rugi; ada waktu untuk menyimpan, ada waktu untuk membuang; ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara; ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai."

Hidup ini adalah kombinasi dari musim-musim yang berbeda. Sinar matahari dan hujan tidak turun bersamaan di atas gurun. Jika Anda menaati kehendak Tuhan dengan berusaha menjalani hidup sesuai dengan cara yang Tuhan kehendaki, maka pada akhirnya Anda akan melihat bahwa pengalaman ini akan dapat memiliki tujuan dan nilai dalam hidup Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa satu-satunya saat dimana Anda tinggal di dalam kehendak Tuhan ialah ketika Anda berada di gereja atau ketika bersaat teduh. Anda bisa tinggal di dalam kehendak Tuhan saat sedang merapihkan lemari. Anda bisa tinggal di dalam kehendak Tuhan saat sedang memotong rumput. Anda bisa tinggal di dalam kehendak Tuhan ketika Anda pindah ke lokasi baru atau tetap juga di tempat Anda berada. Ada waktu dan musim untuk segalanya.

Ray Stevens menyanyikan lagu berjudul "Everything Is Beautiful (Semuanya Indah)" yang di dalamnya terdapat lirik "Semuanya indah dengan caranya sendiri." Itu tidak sepenuhnya benar. Semuanya tidak indah! Kanker itu tidak indah. Pelecehan anak tidak indah. Perang itu tidak indah.

Alkitab mengatakannya secara berbeda dalam Pengkhotbah 3:11 "Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir." Itu sangat berbeda dari "Semuanya indah dengan caranya sendiri," karena Alkitab mengatakan bahwa bahkan Tuhan dapat mengambil hal-hal yang buruk dan, di musim yang tepat, akan membalikkannya dan menggunakannya untuk mendatangkan kebaikan dengan cara yang Ia kehendaki.

Mungkin saat ini Anda mengalami sebuah musim yang tidak indah. Keuangan Anda tampak buruk. Kesehatan Anda tampak buruk. Hubungan pernikahan atau pertemanan Anda tampak buruk. Masa depan Anda tampak buruk.
Namun Tuhan dapat mendatangkan sesuatu yang baik dari keburukan itu ketika Anda mempercayakan kepingan-kepingan itu kepada-Nya

Renungkan hal ini:
- Situasi sulit apa yang perlu Anda percayakan kepada Tuhan hari ini?
- Bagaimana dunia ini dapat menjelaskan tentang tujuan untuk musim kehidupan yang sulit?
- Apa saja cara yang dapat Anda pakai untuk mengetahui jika Anda dalam kehendak Allah?



Bacaan Alkitab Setahun :
Yehezkiel 6-11; I Timotius 5


Tuhan melukai, tapi Dia juga membalut. Tuhan membuat Anda menangis, tapi Dia juga menghapus air mata Anda.
Tuhan tidak akan membiarkan Anda melewati kesulitan yang akan mendewasakan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top