Sentuhan Hati Rabu, 24 Maret 2010

| Rabu, Maret 24, 2010 |

24 – Maret 2010 / Rabu
Bagaimana Alkitab Disusun  

Mazmur 119:103-106

Alkitab memiliki struktur yang terorganisir. Alkitab dirancang untuk membawa pembacanya membaca secara sistematis tentang rancangan Tuhan untuk menebus umat manusia dari perbudakan dosa. Langkah-langkahnya meliputi:

   Rancangan. Tuhan sudah mengetahui terlebih dahulu kondisi umat manusia dan betapa mereka memerlukan keselamatan. Karena itu, dalam Kejadian 1 dan 2, Ia meletakkan dasar bagi pengorbanan Kristus, sekalipun saat itu sedang menciptakan dunia (Efesus 1:4).

   Kebutuhan. Sepanjang 9 pasal pertama, manusia dengan jelas mendemonstrasikan betapa mereka perlu untuk diselamatkan. Kefasikan bertambah sehingga Tuhan harus campur tangan dengan mengorbankan seekor binatang (Kejadian 3:21), banjir (Kejadian 6:13), dan pemisahan yang terpaksa dibuat (Kejadian 11:9).

   Persiapan. Kisah Israel diceritakan sebagai pengingat akan Perjanjian Lama. Maksudnya adalah: pertama, untuk memproklamirkan Yehovah sebagai satu-satu Tuhan yang sejati dan kedua, menggambarkan kedatangan Mesias sehingga Ia akan dikenali.

   Penebusan. Kitab Injil mendokumentasikan bagaimana Yesus Kristus menggenapi rancangan Allah: kematianNya sepenuhnya membayar lunas hukuman atas dosa umat manusia.

   Proklamasi. Kitab Kisah Para Rasul menceritakan bagaimana Injil disebarluaskan.

   Penjelasan. Para pengikut Yesus menulis berbagai surat yang menyingkapkan pengajaran Roh Kudus agar hikmat semua orang percaya dapat bertumbuh.

   Penyelesaian. Wahyu menunjukkan bagaimana pengikut Tuhan yang setia akan berkumpul bersamaNya selamanya di dalam langit dan bumi yang baru.

     Sekalipun Firman Tuhan harus dibaca dan dipelajari sedikit demi sedikit, jangan lupa bahwa Alkitab berfungsi sebagai suatu kesatuan. Begitu Anda memahami garis besar Alkitab, Anda dapat melihat bagaimana Tuhan berkarya dalam masing-masing kitab maupun pasal. Berbagai elemen berbeda – hukum taurat, nubuat, puisi, injil, surat para rasul, dll. – saling terhubung menjadi satu kisah yang sangat menarik.

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top