Salib Kristus Membuktikan bahwa Anda Berharga

| Sabtu, Desember 09, 2017 |
1 Petrus 2: 4 "Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah."

Tuhan tidak hanya berkata bahwa Anda diterima, Ia juga berkata bahwa Anda berharga! 

Menurut Anda seberapakah berharganya diri Anda? Saya tidak berbicara tentang kekayaan Anda; Saya berbicara tentang harga/nilai diri Anda. Jangan pernah menyalahartikan barang berharga Anda dengan nilai Anda sebagai pribadi. Mungkin Anda kaya atau miskin, tapi itu tidak ada hubungannya dengan nilai Anda sebagai individu.

Dua hal menentukan nilai dalam kehidupan:
1. Nilai/harga adalah apa yang seseorang rela bayar untuk mendapatkan sesuatu
2. Nilai bergantung dari siapa pemilik Anda.

Berdasarkan dua hal ini, bagaimana dengan nilai Anda? Tanyakanlah kepada diri sendiri, "Siapa yang pemilikku? Apa hal yang telah dibayarkan untukku?" Alkitab mengatakan, "Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar" (1 Korintus 7: 23).

Anda adalah milik Allah, dan Yesus telah menebus Anda dengan nyawanya. Salib Kristus membuktikan nilai diri Anda.

Tidak ada yang pernah membayar tebusan lebih besar dibanding yang dibayarkan Allah untuk Anda. Dia menerima Anda, dan Anda berharga. 

Petrus menggunakan perumpamaan membangun sebuah bangunan untuk menggambarkan nilai kita. Tuhan membangun bangunan batu untuk mewakili Gereja, keluarga Allah, dan Anda adalah salah satu dari batu itu. "Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah" (1 Petrus 2: 4a). Yesus adalah batu yang hidup. Dia sempurna, tapi beberapa orang masih saja menolaknya. Beberapa dari Anda mungkin berpikir, "Jika saya bisa menjadi sempurna, maka saya akan diterima oleh Tuhan." Tidak! Yesus itu sempurna, meskipun ada banyak orang yang menolaknya. Namun Ia "dipilih dan dihormat di hadirat Allah."

Allah sedang membangun Gereja-Nya (jemaat); bukan kuil atau bangunan gereja. Dia hidup dalam di dalam manusia, dan Anda merupakan rumah spiritual-Nya. Petrus mengatakan bahwa Anda adalah batu hidup. Bila Anda memberikan hidup Anda kepada Kristus, maka Anda akan menjadi sebuah bangunan yang kokoh yang sesuai dengan rancangan besar Allah.

Renungkan hari ini:
- Setelah memahami nilai seorang Kristen di mata Tuhan, bagaimana itu mengubah cara Anda memperlakukan diri Anda sendiri dan orang percaya lainnya?
- Apa bukti dalam hidup Anda bahwa Anda telah mengerti tentang kemerdekaan yang asalnya dari tebusan Yesus Kristus di kayu salib?
- Begitu Anda berhenti mencoba untuk mendapatkan pengakuan dari Tuhan atau orang lain, bagaimana Anda menyalurkan energi itu untuk membagikan kebenaran pada orang lain tentang bagaimana Tuhan menerima semua orang? 


Bacaan Alkitab Setahun :
Habakuk 2; II Petrus 1-3


Anda adalah milik Allah dan Yesus telah menebus Anda dengan nyawanya. Salib Kristus membuktikan nilai diri Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top