Anda Tak Bisa Mengubah Semunya Sendiri

| Minggu, Desember 10, 2017 |
Efesus 4:25 "Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota." 

Perubahan yang kekal abadi membutuhkan komunitas yang jujur dan otentik. Anda membutuhkan orang-orang dalam hidup Anda yang bisa mengatakan yang sebenar-benarnya di dalam kasih. Ada beberapa hal dalam hidup Anda yang tak akan pernah bisa Anda ubah tanpa bantuan orang lain.

Anda mungkin sangat malu dengan masalah tertentu dalam hidup Anda sehingga Anda tidak mau membicarakannya dengan siapa pun. Tapi seberapa berhasil strategi itu? Seandainya Anda bisa mengubah hidup Anda sendiri, Anda pasti sudah melakukannya. Tapi, Anda tidak bisa!

Anda harus berhenti berbohong pada diri sendiri. Anda harus berada dalam komunitas yang otentik dan jujur. Itulah sebabnya mengapa kelompok doa itu sangat penting. Tapi Anda membutuhkan lebih dari sekedar kelompok kecil. Anda butuh satu orang dalam kelompok itu yang bisa benar-benar terbuka dan jujur. Anda tak perlu membuka diri terhadap semua orang, tapi Anda perlu membuka diri terhadap seseorang di dalam kelimpok itu. 

Tuhan memanggil kita sedemikian rupa sehingga kita saling membutuhkan, tapi itu artinya kita tak bisa menyingkirkan kebiasaan dan kegagalan buruk kita sendiri. Anda tak bisa melakukannya sendiri karena Tuhan membuat Anda membutuhkan orang lain.
Alkitab berkata, "Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota" (Efesus 4:25). Jika Anda orang beriman, Anda adalah anggota Tubuh Kristus. Anda milik orang percaya lainnya. Anda tidak diciptakan untuk menjalani kehidupan Kristen sendirian. Anda tak bisa melakukannya.

Jika Anda serius mengubah kekurangan terdalam dan tergelap dalam hidup Anda, maka Anda harus mengatasi rasa takut untuk jujur. Kita membuang banyak energi untuk menutupi dosa, luka, kegagalan, dan kecacatan kita. Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk menutup-nutupi apa yang salah dalam hidup Anda, maka Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk apa yang benar dalam hidup Anda.

Hambatan terbesar kita untuk kekudusan adalah keinginan kita untuk terlihat baik di mata orang lain. Begitu kita bisa melupakannya, kita bebas dari rintangan besar yang ada di antara kita dan melaksanakan apa yang Tuhan kehendaki.

Apakah Anda ingin membuat perubahan dalam hidup Anda? Terbukalah kepada seseorang dan jujur tentang kegagalan Anda.

Renungkan hal ini: 
Siapakah orang-orang dalam hidup Anda dimana kepada mereka Anda bisa bersikap transparan dan jujur untuk mendiskusikan pergumulan Anda?

Apa yang kita pelajari tentang Yesus Kristus saat kita berada dalam komunitas yang jujur dan otentik dengan orang percaya lainnya?

Bagaimana komunitas semacam ini dipandang oleh dunia? 

"Hambatan terbesar kita untuk memiliki kekudusan adalah keinginan kita untuk terlihat baik oleh orang lain." Apakah Anda bergumul dengan hal ini? 


Bacaan Alkitab Setahun :
Zefanya 1; I Yohanes 4-5


Jika Anda ingin berubah, Anda memerlukan orang lain untuk membantu Anda. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top