Ketika Rencana Anda dan Rencana Tuhan Tidak Sejalan

| Minggu, Agustus 16, 2020 |

Yesaya 55: 8 "Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN."

Hidup ini penuh dengan gangguan. Kadang kita punya rencana besar — untuk karier, keluarga, atau pelayanan kita— tapi Tuhan membawa hidup kita ke arah yang berbeda.

Ketika rencana kita dan rencana Tuhan tidak sejalan, seringkali kita mencoba berjalan sendiri. Kemudian segala sesuatunya malah jadi bertambah buruk.

Tanya saja pada Yunus. Dia belajar dari kesalahannya tentang cara merespons ketika rencana Tuhan dan rencananya tidak sejalan. Tuhan menyuruh Yunus untuk memperingatkan orang-orang Niniwe untuk bertobat dari cara hidup mereka. Tetapi Yunus melarikan diri dari Tuhan, dan akhirnya ditelan oleh seekor ikan besar. Namun walau begitu, Tuhan tetap menyelamatkannya.

Kemudian Yunus melaksanakan apa yang Tuhan perintahkan, tetapi ketika orang-orang Niniwe bertobat dan Tuhan tidak jadi menghukum mereka, nabi itu pun menjadi sangat kesal.

Maka Tuhan memberi Yunus sebuah pelajaran. Tuhan menumbuhkan sebuah pohon jarak untuk menaungi Yunus. Lalu Dia mengirimkan seekor ulat untuk menyerang pohon itu hingga layu. Keesokan harinya, matahari bersinar terik dan panasnya menyakiti kepala Yunus, dia pun mengungkapkan rasa frustasinya kepada Tuhan.

Saat itulah Tuhan mengingatkan Yunus tentang empat kebenaran yang harus ia ingat ketika apa yang kita rancangkan tidak sesuai dengan rancangan Tuhan.

Tuhan dapat melihat hal-hal yang tidak dapat Anda lihat. Dia dapat melihat masa lalu dan masa kini dan masa depan pada waktu bersamaan. Dia yang menciptakan waktu, sehingga Dia tidak bergantung pada waktu.

Tuhan baik kepada Anda bahkan ketika Anda sedang kesal. Anda mungkin sedang berjalan ke arah yang berlawanan dari jalan Tuhan, ketahuilah Dia tetap memberi Anda perlindungan. Tuhan tetap memberikan Anda penghiburan, sebab memang begitulah sifat Tuhan. Dia mengasihi Anda bahkan ketika tidak ada yang mau mengasihi Anda.

Tuhan mengendalikan setiap detail hidup Anda. Rencana Anda tidak gagal secara kebetulan. Tuhan punya tujuan atas segala hal dalam hidup Anda. Yunus menunjukkan kepada kita bahwa Tuhan menggunakan yang besar (ikan besar) dan yang kecil (ulat) untuk membimbing hidup kita, tetapi Dia memegang kendali atas segalanya.

Tuhan ingin Anda fokus pada apa yang kekal. Sebagian besar kekhawatiran Anda akan berakhir besok. Tuhan ingin Yunus peduli pada keselamatan orang Niniwe, bukan pada pohon yang mati keesokan harinya. Dan yang terpenting dari semuanya, fokuslah untuk merenungkan Firman Tuhan dan membawa orang-orang masuk ke dalam keluarga-Nya.

Hanya karena rencana Anda tidak berjalan seperti yang Anda inginkan, bukan berarti Tuhan tidak terlibat dalam setiap langkah yang Anda ambil. Mintalah supaya Tuhan membantu Anda untuk melihat tangan kasih-Nya di setiap rencana gagal Anda, dan percayalah pada kebaikan-Nya ketika Dia menunjukkan Anda jalan untuk mengambil langkah selanjutnya.

Renungkan hal ini:
- Gambarkan suatu masa ketika rencana Anda dan rencana Tuhan tidak sejalan. Bagaimana hasilnya?
- Jika Anda melihat empat fakta tentang Allah dalam renungan hari ini, mana yang paling perlu Anda ingat ketika Anda menghadapi pergumulan? Mengapa?
- Apa saja cara yang bisa Anda gunakan untuk selalu ingat tentang kekekalan surga ketika Anda menyesuaikan diri dengan rencana Allah, bukan dengan rencana Anda sendiri?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 93-95; Roma 16


Terimalah fakta ini bahwa jalan Tuhan bukanlah jalan yang selalu kita inginkan, namun pasti jalan terbaik yang kita butuhkan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top