Biarkan Yesus Meringankan Beban Anda

| Senin, Februari 05, 2018 |
Matius 11: 28-30 "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

Saya tak tahu beban apa yang sedang Anda tanggung. Saya tak tahu apa yang sedang memberatkan Anda. Tapi saya punya solusinya.

Yesus berkata, "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. "Pikullah kuk yang Kupasang," dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan"(Matius 11: 28-30).

Selama bertahun-tahun saya tidak mengerti ayat ini, karena saya tidak tau seperti apa kuk itu. Ketika Yesus berkata, "Pikullah kuk yang Kupasang," buat saya itu terdengar seperti seakan-akanTuhan mau memberi saya satu kesukaran baru lagi. Beban saya sudah lumayan berat, Tuhan. Saya tidak butuh masalah lain lagi. 

Kuk sebenarnya adalah sebuah papan palang kayu yang melengkung yang dipasangkan ke atas dua ekor lembu atau sapi untuk menarik gerobak atau kereta. 

Kuk amat sangat bermanfaat karena dapat meringankan separuh berat beban. Tanpa kuk, seekor sapi harus menarik seluruh beban dengan sendiri. Tapi jika Anda memasangkan kuk ke atas dua ekor sapi, maka kedua-duanya akan menarik beban itu bersamaan, dan berat muatannya menjadi setengah.

Ketika Yesus menyuruh Anda untuk memikul kuk yang Ia pasang ke atas Anda, maksudnya Dia bukan memberikan beban-Nya kepada Anda. Yesus tidak pernah punya masalah! Melainkan sebaliknya, Dia akan ikut memikul beban Anda. Dia akan mengambil rasa stres Anda dan memikulnya bersama-sama dengan Anda. 

Wow!

Dia menggunakan tiga kata kerja dalam ayat ini: marilah, pikullah, dan belajarlah. Kata-Nya, "Datanglah kepada-Ku. Bekerjasamalah dengan-Ku. Setelah itu, pelajarilah bagaimana cara-Ku melakukannya. Pikullah beban yang lebih ringan. Itu akan mengurangi stresmu. Itu akan memudahkanmu untuk bergerak."

Bila Anda berjalan dengan Kristus, Anda bergerak bersama-sama dengan-Nya. Anda bergerak ke arah yang sama dan dengan kecepatan yang sama. Dan Anda bergerak ke arah yang benar dan pada kecepatan yang benar.

Renungkan hal ini:
- Seberapa sulitnya bagi Anda untuk menerima bantuan dari seseorang yang ingin berbagi beban Anda dan yang ingn memberi kelegaan bagi Anda?
- Apakah Anda memiliki orang-orang dalam hidup Anda yang bersedia melakukan itu untuk Anda? Bagaimana Anda menawarkan diri Anda kepada orang lain untuk membantu mengurangi beban stres mereka?
- Tuhan sudah tahu segalanya tentang stres Anda. Bagaimana Anda akan menunjukkan kepada-Nya bahwa Anda siap untuk memikul kuk-Nya?



Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 36-38; Matius 23:1-22


Percayalah ! Segala sesuatu dapat Anda tanggung di dalam Tuhan yang setia berjalan bersama Anda hingga pergumulan Anda selesai
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top