Rencana Tuhan untuk Rasa Sakit Anda

| Senin, Juli 23, 2018 |
1 Petrus 4:19 "Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia."

Ingat seperti apa dunia fotografi sebelum era digital? Ketika Anda mengambil foto, hal pertama yang Anda dapat adalah klise foto negatif. Kemudian, untuk mengubah klise negatif itu menjadi positif, Anda harus mencucinya di kamar gelap dan menyinari cahaya ke atas kertas foto, itu mengubah klise negatif menjadi foto penuh warna yang positif.

Itulah yang Tuhan ingin lakukan dengan segala ketidakadilan dalam hidup kita. Kita semua pernah mengalaminya. Orang-orang pernah menyakiti kita. Mereka pernah menginjak kita. Mereka pernah memanfaatkan kita. Tuhan ingin mengambil semua hal negatif itu, menyinarinya dengan terang Yesus, dan mengubahnya menjadi hal-hal positif – sebuah gambar kehidupan penuh warna yang diciptakan untuk kita tinggali. 

Alkitab mengatakan, "Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia" (1 Petrus 4:19). Hal terpenting yang bisa Anda ingat ketika Anda diperlakukan tidak adil ialah bahwa Yesus ada di pihak Anda. 

Di seluruh Alkitab, Allah menunjukkan perhatian khusus kepada orang-orang yang diperlakukan tidak adil. Ia adalah dewa keadilan. Dia mendengar teriakan Anda, melihat rasa sakit Anda, dan tahu bahwa Anda terluka. Anda tidak mendapatkan apa yang Anda pikir pantas Anda terima. Tetapi Allah memiliki rencana untuk mengatasi rasa sakit Anda.

Tuhan mengembangkan karakter Anda melalui pergumulan hidup itu. Ia membuat Anda lebih kuat. Dan yang terpenting, Ia menggunakan rasa sakit Anda untuk mendatangkan kebaikan.

Anda tidak akan pernah mendapatkan penjelasan mengapa ada banyak rasa sakit yang Anda tanggung dalam hidup ini. Ketika Anda sampai di Surga, Anda mungkin lebih memahami mengapa hal-hal buruk terjadi pada Anda. Namun Tuhan tidak hutang penjelasan kepada Anda. 

Tetapi ini kabar baiknya: Anda tidak butuh penjelasan. Anda hanya perlu tahu bahwa Tuhan mengasihi Anda. Dia punya rencana untuk Anda. Tuhan akan menghukum siapapun yang pernah menyakiti Anda. 

Tuhan tidak pernah menyia-nyiakan rasa sakit Anda. Sambutlah terang Injil, dan Dia akan menggunakan rasa sakit Anda, ketidakadilan yang Anda alami itu untuk menciptakan sebuah gambar indah melalui hidup Anda.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda bisa menggunakan rasa sakit Anda di masa lalu untuk membantu orang lain?
- Dalam hal-hal apa Anda telah melihat Tuhan menumbuhkan karakter Anda melalui ketidakadilan yang pernah Anda alami?
- Ketimbang membalas, menurut Anda bagaimana Tuhan ingin Anda memperlakukan orang yang memperlakukan Anda dengan tidak adil? Apa pengaruhnya terhadap Anda ketika Anda menanggapinya dengan kasih?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 33-34; Kisah Para Rasul 24


Ketika terang kasih Tuhan menyinari Anda melewati pergumulan Anda, Dia bisa mengubah rasa sakit Anda menjadi sebuah gambar yang indah. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top