Serupa Seperti Yesus Merupakan Proses yang Lambat

| Rabu, Agustus 29, 2018 |
Mazmur 126-128; 1 Korintus 10:19-33
Menjadi serupa seperti Kristus membutuhkan proses pertumbuhan yang panjang dan lambat. 

Soal hal ini, Paulus berkata, "Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus," (Efesus 4:13).

Anda sedang dalam proses. Transformasi spiritual Anda dalam mewujudkan karakter Yesus dalam diri Anda akan membutuhkan seumur hidup Anda, dan bahkan itu tidak akan selesai di sini, di Bumi. Itu hanya akan selesai ketika Anda tiba di Surga atau ketika Yesus kembali.

Di titik tersebut, jika usaha Anda dalam mengembangkan karakter Yesus belum usai, maka itu akan diselesaikan di Surga. Alkitab mengatakan bahwa ketika kita pada akhirnya mampu melihat Yesus dengan sempurna, maka kita akan menjadi seperti Dia: "Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya" (1 Yohanes 3: 2).

Banyak kebingungan yang terjadi dalam kehidupan Kristen adalah akibat dari mengabaikan kebenaran sederhana bahwa Allah jauh lebih tertarik untuk membangun karakter kita ketimbang hal-hal lainnya. Kita khawatir sebab Dia kelihatannya tak berbuat apapun dalam masalah-masalah kita seperti "Karier apa yang harus saya piliih?"

Sesungguhnya ada berbagai macam karier yang dapat menjadi kehendak Tuhan atas hidup Anda. Apa yang paling Tuhan pedulikan adalah apa pun yang Anda lakukan, Anda melakukannya dengan cara yang Kristus kehendaki (1 Korintus 10:31; 1 Korintus 16:14; Kolose 3:17, 23).

Allah jauh lebih tertarik pada siapa Anda, ketimbang pada apa yang Anda lakukan. Kita adalah manusia, bukan pekerjaan kita, kita tidak didefinisikan dari pekerjaan kita. Tuhan jauh lebih memperhatikan karakter Anda ketimbang karier Anda, sebab Anda akan membawa karakter Anda ke dalam kekekalan, bukan karier Anda.

Tujuan Allah ialah untuk membuat kita seperti diriNya sebelum Dia membawa kita ke Surga. Inilah anugerah terbesar kita, tanggung jawab kita saat ini, dan tujuan akhir kita. 

Renungkan hal ini:
- Akhir-akhir ini, pertanyaan apa yang Anda tanyakan kepada Tuhan yang mana pertanyaan itu perlu diganti dengan pertanyaan, "Apa yang Tuhan mau ajarkan kepada saya tentang diri-Nya melalui proses ini?"
- Apakah Anda menganggap proses pengudusan sebagai suatu hak istimewa? Mengapa atau mengapa tidak?
- Apa yang perlu Anda lakukan sehingga Anda semakin giat berusaha untuk menjadi seseorang yang berkenan kepada Allah?



Bacaan Alkitab Setahun :
Efesus 4:13 "Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,"


Kedewasaan rohani tidaklah instan atau pun otomatis; itu adalah perkembangan bertahap yang akan memakan waktu seumur hidup Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top